Tahfidz al-Qur’an pada Madrasah Tsanawiyah ‘Ulumul Qur’an Pagar Air Banda Aceh

Fakhrina, 201006011 (2024) Tahfidz al-Qur’an pada Madrasah Tsanawiyah ‘Ulumul Qur’an Pagar Air Banda Aceh. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Tahfidz al-Qur’an pada Madrasah Tsanawiyah ‘Ulumul Qur’an Pagar Air Banda Aceh] Text (Tahfidz al-Qur’an pada Madrasah Tsanawiyah ‘Ulumul Qur’an Pagar Air Banda Aceh)
9. FULL TESIS (6).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Keberhasilan menghafal al-Qur’an sangat ditentukan oleh metode yang digunakan. Kaitannya dengan realitas sekarang, nilai-nilai agama seorang anak telah jauh dari nilai-nilai islami, disibukkan teknologi, media dan hiburan yang sangat pontensial terjerumus ke arah yang negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan program tahfidz, menemukan metode pelaksanaan program tahfidz dan mengetahui hafalan al-Qur’an pada Madrasah Tsanawiyah ‘Ulumul Qur’an Pagar Air Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama Pengelolaan program tahfidz melalui perencanaan dengan menganalisis kebutuhan program, penetapan tujuan, penanggungjawab, waktu, tempat, dan biaya. Dalam pelaksanaannya, tahfidz dibagi dua kelas yaitu intensif dan reguler. Sementara evaluasi dijadwalkan setiap bulan secara teratur untuk penilaian dan tindakan-tindakan selanjutnya. Pengelolaan programnya, mampu memperbaiki manajemen tahfidz, mengaktifkan peran guru pembimbing, memperkuat pengawasan santri dan penguatan peran orang tua. Kedua Metode tahfidz yang digunakan diprioritaskan pada metode talaqqi. Disamping juga digunakan metode tes hafalan dan tasmi’. Ketiga Strategi dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an dilakukan melalui pengaktifan peran guru pembimbing dengan diadakan berbagai pelatihan, memperkuat pengawasan santri dalam murajaah hafalan dan juga dilakukan peningkatan program yang menarik dalam menghafal al-Qur’an dengan melibatkan donatur dan juga pengajuan proposal pada pihak terkait untuk mendukung finansial program tersebut. Keempat, Dengan berhasilnya strategi pembelajaran yang telah dilakukan madrasah, terdapat perubahan karakter yang signifikan, diantaranya karakter religius, jujur, disiplin, mandiri tanggung jawab, bersih, istiqomah, sabar, dan sopan santun.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Fakhrina Fakhrina
Date Deposited: 07 Jun 2024 02:59
Last Modified: 07 Jun 2024 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37134

Actions (login required)

View Item
View Item