Hayatun khairunnisa, 180202186 (2024) Pengembangan LKPD Berstrategi Index Card Macth (ICM) Pada Pembelajaran Bahasa Arab. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Pengembangan LKPD Berstrategi Index Card Macth (ICM) Pada Pembelajaran Bahasa Arab]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Hayatun Khairunnisa, 180202186, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (13MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan LKPD berstategi ICM pada materi JAM dan untuk mengetahui kelayakan LKPD berstategi ICM pada materi JAM. Sedangkan metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode “ penelitian dan pengembangan “ (research & development) dengan menggunakan teori “ Borg & Gall “ yang disajikan oleh Sugiyono. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah dokumentasi dan angket. Metode analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif kuantitatif dan kualitaif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKPD pembelajaran bahasa Arab berbasis ICM terdiri dari lima langkah yaitu : 1) Analisis kebutuhan dan masalah: terdapat masalah pada Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) adalah bahwa lembar kerja belum sepenuhnya digunakan, dan tugas diberikan kepada siswa berdasarkan buku ajar yang digunakan, karena buku tersebut belum mendukung proses pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif, 2) Pengumpulan data: Struktur umum LKPD adalah mata pelajaran, mata pelajaran, semester, petunjuk belajar, kompetensi yang akan dicapai, indikator, informasi pendukung, tugas, langkah mengajar, dan evaluasi. 3) Desain produk: Pada tugas akhir ini, peneliti akan merancang LKPD pada dasar ICM dengan menerapkan Microsoft Word, 4) Validasi desain: Hal ini menunjukkan bahwa LKPD layak untuk digunakan dalam pengajaran bahasa Arab, Arab khususnya pada materi JAM dan hasil dari validasi dari ahli konten terkait dengan 81%, dengan peringkat “sangat baik”. Ahli model menyebut 89% dengan peringkat "sangat baik". Ahli desain memberi penilaian dengan 88% dengan peringkat “sangat baik”, dan 4) Perbaikan desain: Memperbaiki produksi: Dari segi desain, mengganti gambar sekolah dengan gambar mengunjungi orang sakit, menyesuaikan warna, menambahkan nama penulis dan dua pembimbing di cover lembar kerja, dan dari segi konten dan model yaitu merevisi dari segi kosa kata dalam menulis huruf dan harakat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Hayatun Khairunnisa |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 03:08 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 03:08 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37157 |