Zulfadli, 200202146 (2024) Pembelajaran Qira’ah Mengunakan Media Picker Wheel Di Dayah Darul Ihsan Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Pembelajaran Qira’ah Mengunakan Media Picker Wheel Di Dayah Darul Ihsan Aceh Besar.]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Zulfadli, 200202146, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan peneliti di Dayah Darul Ihsan Aceh Besar menunjukkan bahwa kebanyakan siswa-siswi di Dayah ini lemah dalam memahami teks dan kurang dalam penguasaan mufradat sehingga mengakibatkan para siswa malas dalam membaca teks, dan kurang nya penggunaan media pembelajaran dalam proses kegiatan belajar mengajar sehingga membuat para siswa malas dalam belajar,dan kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik sehingga menyebabkan mereka kesulitan dalam belajar. Dengan demikian peneliti malakukan penelitian dengan judul “Pembelajaran Qiraah menggunakan media picker wheel di Dayah Darul Ihsan)”. Untuk memperoleh data peneliti menggunakan metode eksperimen, dan yang menjadi populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa-siswi di MTsS Dayah Darul Ihsan tahun ajaran 2023-2024 yang berjumlah 824 orang, dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas II “H” MTs yang berjumlah 26 orang. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui keefektifan penggunaan media Picker Wheel untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam maharah qira’ah dan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran qira’ah dengan menggunakan media Picker Wheel. Dalam proses pengumpulan data peneliti melakukan tes (pretest dan postest) dan angket. Peneliti telah memperoleh hasil penelitian yaitu pembelajaran qiraah menggunakan media Picker Wheel efektif untuk menigkatkan kempuan siswa terhadap maharah qiraah dengan bukti hasil T-hitung mengunakan program “SPSS 25” diperoleh hasil signifikansi (Sig.) 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang berarti hipotesis kerja (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak, dan respon siswa termasuk tinggi ketika pembelajaran membaca menggunakan media Picker Wheel, dibuktikan dengan hasil persentase sebesar 91,16% pada respon positif, dan 8,84% pada respon negatif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 400 Languages (Bahasa) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Zulfadli Zulfadli |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 03:48 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 03:48 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37163 |