Humas Sebagai Agent Promosi Bisnis Pariwisata Pasca Gempa Pidie Jaya

Aulia Turrahmi, 140401071 (2024) Humas Sebagai Agent Promosi Bisnis Pariwisata Pasca Gempa Pidie Jaya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahs tentang humas sebagai agent promosi bisnis pariwisata] Text (membahs tentang humas sebagai agent promosi bisnis pariwisata)
SKRIPSI (AULIA TURRAHMI).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Humas Sebagai Agent Promosi Bisnis Pariwisata Pasca Gempa Pidie Jaya”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya Humas Dinas Pariwisata dalam mempromosikan bisnis pariwisata pasca gempa di Kabupaten Pidie Jaya dan kendala Humas Dinas Pariwisata dalam mempromosikan bisnis pariwisata pasca gempa di Kabupaten Pidie Jaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode penelitian lapangan (file reseasch). Subjek dalam penelitian ini ialah 10 orang, dengan rincian, yaitu: Pimpinan Dinas Pariwisata 1 orang, Karyawan HUMAS berjumlah 5 orang, dan 4 orang masyarakat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa upaya Humas Dinas Pariwisata dalam mempromosikan bisnis pariwisata setelah gempa di Kabupaten Pidie Jaya diawali dengan pelaksanaan program rencana strategis promosi bisnis pariwisata seperti menyusun program, mengajukan kepihak pemerintah, penentuan anggaran, melakukan berbagai aktifitas promosi melalui media baik media online seperti wibsite, facebook, twiter dan yutub maupun media cetak seperti brosur, spanduk dan lain-lain. Pelibatan pemerintah daerah terutama dalam bidang anggaran, mencari dukungan dari masyarakat untuk berpartisipasi dalam mengembangkan objek wisata. Kendala Humas Dinas Pariwisata dalam mempromosikan bisnis pariwisata pasca gempa di Kabupaten Pidie Jaya dikarenakan minimnya ketersediaan dana dan keterbatasan sumber daya manusia.

Kata Kunci: Humas, Agen Promosi, Bisnis Pariwisata

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aulia Turrahmi
Date Deposited: 11 Jun 2024 02:14
Last Modified: 11 Jun 2024 02:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37166

Actions (login required)

View Item
View Item