Penafsiran Waḍribūhunna Dalam Qs: Al-Nisa Ayat 34 Serta Kaitannya Dengan Pembinaan Keluarga

Fachrurrozy Hatzly, 200303086 (2024) Penafsiran Waḍribūhunna Dalam Qs: Al-Nisa Ayat 34 Serta Kaitannya Dengan Pembinaan Keluarga. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

[thumbnail of Penafsiran Waḍribūhunna Dalam Qs: Al-Nisa Ayat 34 Serta Kaitannya Dengan Pembinaan Keluarga] Text (Penafsiran Waḍribūhunna Dalam Qs: Al-Nisa Ayat 34 Serta Kaitannya Dengan Pembinaan Keluarga)
Fachrurrozy Hatzly, 200303086, FUF, IAT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji peran suami sebagai pemimpin keluarga dalam menangani perilaku istri yang nusyuz berdasarkan QS. al-Nisa ayat 34. Berdasarkan dalil yang dijelaskan dalam QS. al-Nisa ayat 34, upaya penyelesaian dimulai dengan nasihat, dilanjutkan dengan berpisah ranjang, dan sebagai langkah terakhir adalah tindakan pukulan terhadap istri. Meskipun demikian, pemaknaan waḍribūhunna dalam ayat tersebut menimbulkan kebingungan dan potensi penyalahgunaan. Studi ini menggali makna tekstual dan penafsiran waḍribūhunna serta kaitannya dengan pembinaan keluarga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan sumber data kitab Jāmi’ al-Bayān fi Takwīl al-Qur’an dan kitab Tafsir al-Misbah dan didukung oleh sumber data sekunder berupa literatur yang berhubungan dengan tema penelitian selanjutnya dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) secara tekstual, waḍribūhunna berasal dari akar kata ḍaraba yang artinya memukul, memisahkan, mengalahkan, atau menempatkan, (2) penafsiran waḍribūhunna menurut tafsir al-Tabari adalah pukulan dengan cara tidak melukai dan menurut tafsir Quraish Shihab adalah tindakan tegas berupa teguran dan tidak berbentuk pukulan, (3) waḍribūhunna dalam konteks pembinaan keluarga dimaksud sebagai tindakan mendidik dan membina istri serta membangun hubungan yang sehat dan penuh kasih sayang dalam kehidupan berkeluarga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Fachrurrozy Hatzly
Date Deposited: 11 Jun 2024 02:16
Last Modified: 11 Jun 2024 02:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37198

Actions (login required)

View Item
View Item