Pemahaman Masyarakat Gampong Pulo Teungoh Terhadap Surah Al-Furqan Ayat 74 Dan Kaitannya Dengan Praktek Childfree

Anggun Salsabila, 200303155 (2024) Pemahaman Masyarakat Gampong Pulo Teungoh Terhadap Surah Al-Furqan Ayat 74 Dan Kaitannya Dengan Praktek Childfree. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pemahaman Masyarakat Gampong Pulo Teungoh Terhadap Surah Al-Furqan Ayat 74 Dan Kaitannya Dengan Praktek Childfree] Text (Pemahaman Masyarakat Gampong Pulo Teungoh Terhadap Surah Al-Furqan Ayat 74 Dan Kaitannya Dengan Praktek Childfree)
Anggun Salsabila, 200303155, FUF, IAT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Pemahaman Masyarakat Gampong Pulo Teungoh Terhadap Surah Al-Furqan ayat 74 dan kaitannya dengan Praktek Childfree. Childfree merupakan sebutan bagi orang yang bersepakat untuk tidak memiliki anak. Sedangkan salah satu tujuan dari pernikahan adalah memiliki keturunan. Permasalahan tersebut dirumuskan menjadi rumusan masalah yaitu: 1). Bagaimana konteks childfree dalam kandungan surah Al-Furqan ayat 74? 2). Bagaimana pemahaman masyarakat gampong Pulo Teungoh terhadap praktek childfree ? Kajian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman masyarakat gampong Pulo Teungoh terhadap praktek childfree tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan dua jenis pendekatan, yaitu Library Research dan field research dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara serta menganalisis data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa secara keseluruhan masyarakat Gampong Pulo Teungoh kurang setuju dengan fenomena childfree tersebut karena sangat bertolak belakang dengan ayat-ayat Al-Qur’an, namun terdapat juga narasumber yang berpendapat memperbolehkan adanya childfree dalam situasi darurat yang menyangkut medis yang akan membahayakan nyawa anak atau ibunya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Masyarakat, Surah Al-Furqan ayat 74, Childfree.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Anggun Salsabila
Date Deposited: 11 Jun 2024 02:44
Last Modified: 11 Jun 2024 02:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37224

Actions (login required)

View Item
View Item