Perancangan Desain Aplikasi Pengenalan Alfabet Dan Angka Untuk Anak Usia Dini

Saputra Al Amin, 170212096 (2024) Perancangan Desain Aplikasi Pengenalan Alfabet Dan Angka Untuk Anak Usia Dini. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Perancangan Desain Aplikasi Pengenalan Alfabet Dan Angka Untuk Anak Usia Dini] Text (Perancangan Desain Aplikasi Pengenalan Alfabet Dan Angka Untuk Anak Usia Dini)
Al Amin PTI Skripsi Cetak Word.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan anak usia dini adalah pendidikan yang diberikan kepada anak dari usia nol hingga enam tahun. Pengembangan pendidikan ini erat kaitannya dengan data riset Internasional yang menempatkan indonesia dalam posisi terendah dalam literasi dan minat membaca. Perlu evaluasi dan pembenahan lebih lanjut akan pendidikan Indonesia saat ini. Pendidikan dimasa sekarang banyak mengikuti kemajuan teknologi, namun sayang dizaman sekarang anak-anak usia dini kebanyakan menggunakan smartphone hanya untuk bermain game yang mengandung unsur negatif. Menyikapi masalah tersebut, peneliti akan merancang desain aplikasi pengenalan alfabet dan angka untuk anak usia dini menggunakan Figma dengan Metode Prototype. Lalu bagaimana proses perancangan aplikasi ini terjadi, apa peran figma dan metode protype. Metode Prototipe adalah representasi fungsional yang menawarkan pratinjau nyata antarmuka pengguna dari program yang di rancang. Proses Metode Prototype dimulai dari analisis masalah, desain antarmuka, uji prototype, validasi, revisi prototype dan desain akhir. Hasil akhir penelitian ini berupa Rancangan desain Prototype dengan validasi “Layak” untuk Media dan “Sangat layak” untuk Materi. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa merancang aplikasi edukasi yang interaktif dan penuh warna diperlukan agar menarik minat anak, figma sebagai alat desain mampu memenuhi kebutuhan fitur dan komponen yang diperlukan serta Metode prototype menjadi acuan yang tepat dalam pemilihan pengembangan desain aplikasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: Saputra Al Amin
Date Deposited: 11 Jun 2024 03:24
Last Modified: 11 Jun 2024 03:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37230

Actions (login required)

View Item
View Item