Penerapan Media Handout Pada Materi Sistem Gerak Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di MAN 1 Bireuen

Aldilla Magfirah, 90207093 (2024) Penerapan Media Handout Pada Materi Sistem Gerak Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di MAN 1 Bireuen. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Media Handout Pada Materi Sistem Gerak Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar  Siswa Di MAN 1 Bireuen] Text (Penerapan Media Handout Pada Materi Sistem Gerak Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di MAN 1 Bireuen)
SKRIPSI Aldilla Magfirah ( Penerapan Media Handout Pada Materi Sistem Gerak Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa di MAN 1 Bireuen.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh kurangnya aktivitas siswa saat proses pembelajaran, hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurang bervariasinya penggunaan media pembelajaran yang digunakan di MAN 1 Bireuen. Mengatasi permasalahan tersebut dapat dilakukan penerapan media yang bervariasi untuk dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa salah satunya dengan penerapan media handout. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji aktivitas dan menganalisis hasil belajar siswa pada materi sistem gerak manusia dengan menggunakan media handout. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-experiment dengan desain One Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI MAN 1 Bireuen dan seluruh observer sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan, dengan sampel yang diambil yaitu siswa kelas XI IPA1 dengan menggunakan teknik purposive sampling, sampel untuk observer berjulah 2 orang sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Kriteria kelas yang dijadikan sampel adalah kelas yang aktivitas dan hasil belajarnya lebih rendah di bandingkan kelas lain. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan lembar soal-test. Kriteria observer apabila 0-25% dikriteriakan tidak aktif, 26-50% di kriteriakan cukup aktif, 51-75% di kriteriakan aktif dan 76-100% di kriteriakan sangat aktif. Analisis data aktivitas menggunakan rumus presentase sedangkan data hasil belajar menggunakan rumus N-gain dan melakukan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada pertemuan pertama tergolong aktif (75,8%) dan pada pertemuan kedua rata-rata persentase aktivitas sebesar (80,7%) dengan kategori sangat aktif. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada materi sistem gerak di MAN 1 Bireuen diperoleh nilai pre-test 28,25 dan post-test 84,12 dengan nilai N-gain 0,77 kategori tinggi. Analisis hasil belajar diperoleh nilai thitung  ttabel (11,380  2,040). Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan media handout dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem gerak di MAN 1 Bireuen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Aldilla Magfirah Dila
Date Deposited: 13 Jun 2024 02:24
Last Modified: 13 Jun 2024 02:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37244

Actions (login required)

View Item
View Item