Pengaruh Metode Bercerita terhadap Kemampuan Berbicara pada Anak di TK Baitul Hafizh Padang Bakau Labuhan Haji

Lesi Mulya Nofyanda, 160210047 (2023) Pengaruh Metode Bercerita terhadap Kemampuan Berbicara pada Anak di TK Baitul Hafizh Padang Bakau Labuhan Haji. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Metode Bercerita, Kemampuan Berbicara.] Text (Metode Bercerita, Kemampuan Berbicara.)
Lesi Mulya Nofyanda, 160210047, FTK, PIAUD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Hasil observasi di TK Baitul Hafidz Padang Bakau pada tanggal 17 September 2022 menunjukkan bahwa dari 10 total anak kemampuan berbicara anak belum berkembang secara baik, antara lain 4 anak belum mengerti kalimat perintah, 4 anak yang tidak memahami cerita yang dibacakan, dan 2 anak lainnya belum mengenal pembendaharaan kata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan berbicara pada anak di TK Baitul Hafidz Padang Bakau Labuhan Haji. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak yang ada di TK Baitul Hafidz yang berjumlah 24 orang, sampel penelitian yaitu seluruh anak TK yang berusia 4-5 tahun di TK Baitul Hafidz berjumlah 10 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode bercerita terhadap kemampuan bercerita anak di TK Baitul Hafidz Padang Bakau Labuhan Haji. Hal itu dibuktikan dengan hasil pengolahan data pada uji-t didapat thitung = 20,7 dengan dk = 9 pada taraf signifikan 5% atau 0,05, maka dari tabel distribusi t didapat t(0,05)(9)= 2,228 dimana thitung > ttabel yaitu 20,7 > 2,228. Sehingga menunjukkan bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Lesi Mulya Nofyanda Lesi
Date Deposited: 13 Jun 2024 02:51
Last Modified: 13 Jun 2024 02:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37274

Actions (login required)

View Item
View Item