Penerapan Media Audio Visual Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Virus Di Man 1 Sabang

Hajjar Rina Oviani, 170207097 (2024) Penerapan Media Audio Visual Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Virus Di Man 1 Sabang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Media Audio Visual, Materi Virus, Minat Belajar, Hasil Belajar] Text (Media Audio Visual, Materi Virus, Minat Belajar, Hasil Belajar)
Hajjar Rina Oviani, 170207097, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Salah satu faktor rendahnya hasil belajar peserta diidik disebabkan oleh kurangnya minat siswa dalam pembelajaran. Seringkali metode pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi sehingga minat belajar menjadi sulit ditumbuhkan. Penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan minat peserta didik. Penelitian tentang penerapan media audio visual terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi virus di MAN 1 Sabang bertujuan untuk menganalisis peningkatan minat peserta didik virus dan menganalisis peningkatan hasil belajar peserta didik melalui pembelajaran menggunakan media audio visual pada materi virus di MAN 1 Sabang. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X di MAN 1 Sabang, adapun sampel penelitian 20 siswa kelas X1. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data minat belajar peserta didik menggunakan lembar observasi, dan hasil belajar peserta didik menggunakan lembar soal tes. Analisis data minat belajar menggunakan rumus persentase, sedangkan analisis hasil belajar peserta didik menggunakan rumus N-Gain dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase akhir minat belajar dari kedua pertemuan diperoleh 86,1% dengan kriteria sangat berminat. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu 0,71 dengan kriteria tinggi. Hasil uji-t diperoleh thitung (24,31 > 0,000) ttabel. Disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Hajjar Rina Oviani Ovi
Date Deposited: 14 Jun 2024 02:39
Last Modified: 14 Jun 2024 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37309

Actions (login required)

View Item
View Item