Penerapan Strategi Bercerita Menggunakan Buku Qira'atu Rasyidah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa MTsS Di Pesantren Nurul Islam Bener Meriah

Adlin, Hakim (2024) Penerapan Strategi Bercerita Menggunakan Buku Qira'atu Rasyidah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa MTsS Di Pesantren Nurul Islam Bener Meriah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Adelin Hakim, 190202047, FTK, PBA, 082262766595.pdf] Text
Adelin Hakim, 190202047, FTK, PBA, 082262766595.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Madrasah Tsanawiyah Pesantren Nurul Islam Bener Meriah adalah tempat di mana siswa belajar bahasa Arab dan cabangnya, salah satunya adalah kalam dalam bahasa Arab. Mata pelajaran ini bertujuan agar siswa mampu berbicara dalam bahasa Arab dengan benar. Namun, kenyataannya, siswa menghadapi beberapa masalah dalam pembelajaran berbicara. Hal ini disebabkan karena guru tidak menggunakan metode yang baik atau sumber belajar yang sesuai dan beragam dalam pengajarannya. Metode yang digunakan oleh guru dalam mengajarkan berbicara hanyalah melalui pendengaran dan simulasi, artinya guru membacakan teks dan kemudian siswa menirunya tanpa alat bantu pembelajaran. Di sisi lain, kurangnya keaktifan siswa dalam belajar berbicara dan kemampuan siswa dalam hal tersebut kurang baik. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian tentang penerapan strategi narasi cerita dengan menggunakan buku Al-Qiraah Al-Rasyidah untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa di Madrasah Tsanawiyah Pesantren Nurul Islam Bener Meriah. Tujuan penulisan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan strategi narasi cerita dengan menggunakan buku Al-Qiraah Al-Rasyidah dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa serta respons siswa terhadap strategi tersebut. Metode yang digunakan Peneliti pada penelitian ini adalah metode Eksperimen pre-Experimental Design. Populasi penelitian adalah semua siswa di Madrasah Tsanawiyah Pesantren Nurul Islam Bener Meriah, yang berjumlah 313 siswa. Peneliti mengambil sampel dari mereka, yaitu siswa dari kelas 2B yang berjumlah 22 siswa. Untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan tes dan lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi narasi cerita dengan menggunakan buku Al-Qiraah Al-Rasyidah efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa di tingkat menengah di Pesantren Nurul Islam Bener Meriah. Berdasarkan hasil tabel, nilai t hitung lebih kecil daripada nilai t tabel, yaitu 8,15 lebih besar dari 2,08. Respon siswa terhadap penerapan strategi ini positif, dengan hasil persentase sebesar 93,2%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Adelin Hakim
Date Deposited: 24 Jun 2024 03:08
Last Modified: 24 Jun 2024 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37319

Actions (login required)

View Item
View Item