Penerapan Pembelajaran Interaktif Dengan Menggunakan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswi Dalam Maharah Kalam (Menggunakan Eksperimen Di Dayah Insan Qurani)

Nurul Afiqah, 210202194 (2024) Penerapan Pembelajaran Interaktif Dengan Menggunakan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswi Dalam Maharah Kalam (Menggunakan Eksperimen Di Dayah Insan Qurani). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Pembelajaran Interaktif  Dengan Menggunakan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswi Dalam Maharah Kalam (Menggunakan Eksperimen Di Dayah Insan Qurani)] Text (Penerapan Pembelajaran Interaktif Dengan Menggunakan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswi Dalam Maharah Kalam (Menggunakan Eksperimen Di Dayah Insan Qurani))
Nurul Afiqah, 210202194, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Dayah Insan Qurani adalah salah satu lembaga pendidikan di Aceh yang bergerak di bidang Pengajaran Bahasa Arab. Seperti, Tadrib lughah, Muthala`ah, Ilmu Agama, dan lain-lain.Yang mana proses pembelajarannya menggunakan Bahasa Arab. Peneliti menemukan bahwa mereka tidak dapat berbahasa arab dengan baik dan benar. Sehingga mereka kesulitan dalam memahami pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode role playing untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam maharah kalam. Metode Penelitian yang digunakan peneliti adalah metode eksperimen. Peniliti memilih jenis “ Quasi Experiment Design” dan disebut dengan The Non-equivalen Pre-test Post-test Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswi kelas kedua “E” sebanyak tiga puluh siswi dan siswi kelas kedua “F” sebanyak tiga puluh satu siswi. Metode yang digunakan untuk menganalisis data dengan uji Independent Simple T test menggunakan program SPSS 25. Peneliti menemukan hasil dalam penelitian ini bahwa penerapan pembelajaran interaktif dengan menggunakan metode role playing efektif dalam meningkatkan kemampuan siswi dalam maharah kalam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nurul Afiqah Nurul
Date Deposited: 30 Jul 2024 02:05
Last Modified: 30 Jul 2024 02:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37415

Actions (login required)

View Item
View Item