Kajian Desain Ruang Kelas Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa (Studi Kasus SLB Swasta YBSM Banda Aceh dan SLB Swasta Bukesra Banda Aceh)

Mutasya, 190701048 (2024) Kajian Desain Ruang Kelas Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa (Studi Kasus SLB Swasta YBSM Banda Aceh dan SLB Swasta Bukesra Banda Aceh). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Sekolah Luar Biasa, Tunagrahita, Ruang Kelas] Text (Sekolah Luar Biasa, Tunagrahita, Ruang Kelas)
Mutasya, 190701048, FST, ARS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Sekolah luar biasa merupakan sekolah luar biasa bagi anak-anak berkebutuhan khusus. Sekolah luar biasa juga dikenal dengan sekolah pendidikan bagi peserta didik untuk siswa yang memiliki tingkat kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran karena gangguan fisik, emosional, mental sosial, namun memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa yaitu penyandang disabilitas. Penyandang disabilitas terbagi dalam beberapa jenis yaitu : Autisme, Tunanetra, Tunarungu, Tunadaksa, Tunaganda hingga Tunagrahita. Dalam sekolah luar biasa hal-hal yang harus di perhatikan yaitu kriteria ruang kelas yang perlu didesain dengan memperhatikan konsep desain lingkungan kelas yang kondusif bagi proses pembelajaran siswa khususnya siswa tunagrahita seperti layout ruangan hingga perabotan yang ada didalam kelas terhadap fokus belajar siswa. Tunagrahita adalah seseorang yang mengalami kecacatan dalam perkembangan mental dan intelektual. Ruang kelas tunagrahita harus ditata dengan sedemikian rupa agar menciptakan ruang yang aman dan tidak berbahaya juga mudah digunakan bagi pengguna. Objek penelitian ini adalah SLB YBSM Banda Aceh dan SLB Bukesra Banda Aceh, keduanya ialah sekolah swasta yang terletak di Kota Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif berdasarkan studi literatur, dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan purposive sampling, sampel yang digunakan adalah kedua SLB dengan memilih beberapa responden yang akan diwawancari yaitu beberapa wali kelas tunagrahita yang mengajar di kedua SLB tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dapat dipaparkan bahwa kaitan konsep desain dengan ruang belajar sangat berpangaruh bagi siswa tunagrahita dari segi layout kelas, perabotan hingga lingkungan luar terhadap pengaruh fokus belajar siswa tunagrahita

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
700 Arts and Recreation > 720 Architecture (Arsitektur)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitektur
Depositing User: Mutasya Tasya
Date Deposited: 15 Jul 2024 02:07
Last Modified: 15 Jul 2024 02:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37424

Actions (login required)

View Item
View Item