Alissa Sausan Nabila, 190705057 (2024) Perbandingan Model Machine Learning Dan Deep Learning Terhadap Analisis Sentimen Pelanggan Shopee. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Perbandingan Model Machine Learning Dan Deep Learning Terhadap Analisis Sentimen Pelanggan Shopee]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Alissa Sausan Nabila, 190705057, FST, TI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Abstract
Aplikasi Shopee adalah salah satu alat e-commerce yang dapat mendukung pemenuhan kebutuhan manusia. Analisis sentimen merupakan penentuan nada emosional pada komentar atau cuitan dari penilaian masyarakat terhadap sesuatu termasuk kinerja aplikasi shopee. Penelitian ini memfokuskan pada perbandingan model machine learning dan deep learning terhadap analisis sentimen pelanggan shopee. Dalam penelitian ini menggunakan dataset komentar pelanggan shopee sebanya 6.002 kalimat komentar. Pada model machine learning, metode Logistic Regression memperoleh nilai accuracy tertinggi yaitu sebesar 94.58%, selanjutnya untuk metode naive bayes mendapatkan nilai accuracy sebesar 93.67%, dan metode Multinomial Naive Bayes mendapatkan nilai accuracy sebesar 92.33%. Sedangkan pada model deep learning, metode BERT memperoleh nilai accuracy sebesar 92.83% dan metode multilingual BERT memperoleh nilai accuracy sebesar 97.41%. Pada penelitian ini, model deep learning memiliki nilai accuracy lebih tinggi jika dibandingkan dengan machine learning.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Sentimen, Machine Learning, Deep Learning, Accuracy |
Subjects: | 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) |
Depositing User: | Alissa Sausan Nabila Alissa |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 02:02 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 02:02 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37469 |