Pengembangan Media Buletin Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V min 8 Aceh Barat Daya

Liliyanti, 190209133 (2024) Pengembangan Media Buletin Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V min 8 Aceh Barat Daya. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Media Buletin, Pembelajaran Tematik] Text (Media Buletin, Pembelajaran Tematik)
Liliyanti, 190209133, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi terbatasnya media pembelajaran yang mampu menarik perhatian siswa saat belajar pembelajaran tematik. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk menganalisis pengembangan media buletin pada pembelajaran tematik; (2) untuk menganalisis kelayakan media buletin pada pembelajaran tematik; (3) untuk menganalisis kepraktisan pengembangan media buletin pada pembelajaran tematik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), dengan menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media buletin pembelajaran tematik kelas V MIN 8 Aceh Barat Daya termasuk sangat baik untuk ahli media 87%, ahli materi 75% (baik) dan ahli bahasa 85% (sangat baik). Sedangkan data hasil respon diperoleh dari guru kelas kecil 90% (sangat praktis), guru kelas besar 92% (sangat praktis). Untuk data respon siswa diperoleh siswa kelas kecil 95% dan kelas besar 95,5 % dan termasuk sangat praktis. berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media bulletin pembelajaran tematik kelas V MIN 8 Aceh Barat Daya sangat praktis digunakan oleh guru dan siswa dalam proses belajar mengajar dikelas

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Liliyanti Lili
Date Deposited: 17 Jul 2024 02:57
Last Modified: 17 Jul 2024 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37499

Actions (login required)

View Item
View Item