Penerapan Teknik Bercerita Berpasangan Guna Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV MIN Lambaro Aceh Besar

Irfan Siddiq, 201121702 (2017) Penerapan Teknik Bercerita Berpasangan Guna Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV MIN Lambaro Aceh Besar. Skripsi thesis, uin ar-raniry banda aceh.

[thumbnail of peningkatan keterampilan berbicara]
Preview
Text (peningkatan keterampilan berbicara)
Jurnal (PDF)_compressed.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (593kB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan bahasa pengantar bagi beberapa Madrasah Ibtidaiyah di Aceh Besar, tidak terkecuali MIN Lambaro Aceh Besar. Dalam proses pembelajaran, MIN Lambaro Aceh Besar menggunakan Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi utama. Dengan demikian, keterampilan berbahasa sangat dibutuhkan oleh guru dan siswa dalam menunjang kualitas pendidikan di Madrasah tersebut. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah teknik pembelajaran apakah yang seharusnya diterapkan oleh guru agar keterampilan berbicara Bahasa Indonesia pada siswa menjadi lebih baik? Apakah dengan adanya penerapan Teknik Bercerita Berpasangan pada pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam berbicara Bahasa Indonesia?. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dari subjek penelitian rancangan penelitian melibatkan peneliti dan siswa kelas IV kegiatan pembelajaran meliputi: (penetapan fokus penelitian) (perencanaan tindakan) (pelaksanaan tindakan) (pengamatan intepretasi) (refleksi) (penyimpulan hasil). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Teknik Berbicara Berpasangan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal tersebut ditunjukkan adanya peningkatan Hasil belajar siswa pada siklus II dengan menunjukkan bahwa terdapat 31 siswa (81,11%) siswa yang tuntas belajar sedangakan 5 siswa (13,88%) belum tuntas. Dari hasil pengolahan data maka dapat disumpulkan bahwa Penerapan Teknik Bercerita Berpasangan dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Yuni Setia Ningsih, M.Ag 2. Andriansyah, M.S.Ed
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan, Keterampilan, Berbicara, Bahasa Indonesia
Subjects: 400 Languages (Bahasa) > 499.221 Indonesian/Bahasa Indonesia
Depositing User: Irfan Siddiq
Date Deposited: 07 May 2018 03:04
Last Modified: 07 May 2018 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3750

Actions (login required)

View Item
View Item