Penerapan Model Paired Storytelling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia MIN 25 Aceh Besar

Aida Fitri, 200209012 (2024) Penerapan Model Paired Storytelling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia MIN 25 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Paired Storytelling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia MIN 25 Aceh Besar] Text (Penerapan Model Paired Storytelling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia MIN 25 Aceh Besar)
Aida Fitri, 200209012, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Berbicara merupakan kemampuan dalam mengucapkan kata-kata untuk menyampaikan gagasan, pikiran, serta mengekspresikan perasaan pada orang lain. Keterampilan berbicara memiliki peranan yang sangat penting untuk dipelajari secara seksama, karena keterampilan berbicara perlu diperhatikan agar siswa dapat berkomunikasi dengan baik dan benar dalam menyampaikan keinginanya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berbicara dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Paired Storytelling pada kelas V MIN 25 Aceh Besar. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan subjek penelitian berjumlah 24 orang siswa. Teknik penggumpulan data menggunakan instrument lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes. Analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian melalui penerapan model Paired Storytelling siswa kelas V MIN 25 Aceh Besar mengalami peningkatan keterampilan berbicara dan hasil belajar. Hasil observasi aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh persentase 82.75%, pada siklus II menjadi 87.93%, dan pada siklus III menjadi 95.68%. Observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase 65.51%, pada siklus II menjadi 84.48%, dan pada siklus III menjadi 93.10%. Observasi keterampilan berbicara siswa pada siklus I memperoleh persentase 58.33% dan hasil belajar memperoleh siswa memperoleh 62.5% belum memenuhi ketuntasan klasikal, keterampilan berbicara pada siklus II menjadi 75% dan hasil belajar siswa menjadi 79,16% belum juga memenuhi ketuntasan klasikal, keterampilan berbicara pada siklus III menjadi 87.5% dan hasil belajar siswa menjadi 91.66% sudah memenuhi ketuntasan klasikal. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model Paired Storytelling dapat meningkatkan keterampilan berbicara dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aida Fitri
Date Deposited: 22 Jul 2024 02:58
Last Modified: 22 Jul 2024 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37547

Actions (login required)

View Item
View Item