Penerapan Model Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab Pada Siswa Di MTsN 2 Aceh Besar

Dara Huwaina, 190202150 (2024) Penerapan Model Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab Pada Siswa Di MTsN 2 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab Pada Siswa Di MTsN 2 Aceh Besar] Text (Penerapan Model Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab Pada Siswa Di MTsN 2 Aceh Besar)
Dara Huwaina, 190202150, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di MTsN 2 Aceh Besar, Peneliti menemukan bahwa pada saat praktikum/magang di kelas VIII, Peneliti melihat bahwa siswa kurang memperhatikan pelajaran bahasa arab dan kurangnya keinginan serta motivasi mereka untuk belajar bahasa arab. Adapun hasil wawancara peneliti dengan guru bahasa arab di MTsN 2 Aceh Besar bahwa motivasi siswa rendah pada beberapa mata pelajaran, khususnya pada pelajaran bahasa arab. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti ingin menerapkan model Two Stay Two Stray untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa dalam belajar bahasa arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Two Stay Two Stray untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam belajar bahasa arab. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain (One Group Pre-test, Post-test Design), dan instrumen penelitian menggunakan angket. Adapun hasil penelitian bahwa penerapan model Two Stay Two Stray berpengaruh untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa dalam belajar bahasa arab di MTsN 2 Aceh Besar. Hal ini terlihat dari hasil uji T-Test yang menunjukkan tingkat signifikansi (2-tailed) 0,00<0,05 dan ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Berdasarkan nilai tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Two Stay Two Stray untuk meningkatkan motivasi belajar dalam belajar bahasa arab.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Dara Huwaina
Date Deposited: 29 Jul 2024 03:09
Last Modified: 29 Jul 2024 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37589

Actions (login required)

View Item
View Item