Rizka Amalia, 201325066 (2024) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Tema 8 "Tempat Tinggalku" Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 21 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of RIZKA AMALIA, 201325066, FTK, PGMI, 085314534547.pdf]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
RIZKA AMALIA, 201325066, FTK, PGMI, 085314534547.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi sebelumnya diketahui bahwa siswa kelas IV MIN 21 Aceh Besar, selama ini siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran yang disampaikan guru dikarenakan pembelajaran masih terpusat pada guru sehingga siswa tidak memperhatikan ketika guru menjelaskan yang menyebabkan kurangnya komunikasi antara guru dan siswa, dan antara siswa dengan siswa lainnya cenderung pasif. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui Aktivitas Guru dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning di kelas IV MIN 21 Aceh Besar, 2) untuk mengetahui Aktivitas Siswa dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning di kelas IV MIN 21 Aceh Besar, 3) untuk mengetahui kreativitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning di kelas IV MIN 21 Aceh Besar. 4) ) untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning di kelas IV MIN 21 Aceh Besar. Model penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MIN 21 Aceh Besar tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 23 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Observasi Aktivitas Guru, Lembar Observasi Aktivitas Siswa, Lembar Observasi Kreativitas siswa dan Lembar Observasi Hasil Belajar siswa. Kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh aktivitas guru pada siklus I skor rata-rata 61,17% dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus II skor 81,05% dengan kategori baik sekali. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I skor 62,35% dengan kategori cukup, dan meningkat pada siklus II memperoleh skor 84,21% dengan kategori baik sekali. Dari pengelolahan tingkat kreativitas siswa pada siklus I skor 65,21% dengan kategori cukup kreatif dan meningkat pada siklus II memperoleh 86,96% dengan kategori kreatif serta hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh skor 65,2% dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus II memperoleh skor 91,3% dengan kategori baik sekali. Dengan demikian model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa di kelas IV MIN 21 Aceh Besar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Rizka Amalia Rizka |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 03:53 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 03:53 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37599 |