Manajemen Madrasah Tahfidz Al-Qur’an Dalam Membina Hafidz Dan Hafidzah Di Terengganu Malaysia

Siti Hajar Binti Ahmad Pudzi, 140403152 (2024) Manajemen Madrasah Tahfidz Al-Qur’an Dalam Membina Hafidz Dan Hafidzah Di Terengganu Malaysia. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Manajemen Madrasah Tahfidz Al-Qur’an Dalam Membina Hafidz Dan Hafidzah Di Terengganu Malaysia] Text (Manajemen Madrasah Tahfidz Al-Qur’an Dalam Membina Hafidz Dan Hafidzah Di Terengganu Malaysia)
Siti Hajar Binti Ahmad Pudzi, 140403152, FDK, MD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Manajemen Madrasah Tahfidz Al-Qur’an Dalam Membina Hafidz dan Hafidzah Di Terengganu Malaysia”. Kajian ini bertujuan untuk meninjau kaidah pembelajaran tahfidz di Institusi Tahfidz Malaysia. Kajian ini melibatkan 212 pelajar tahfidz yang mengambil Diploma Tahfidz Darul Qur’an (D III). Dapatan kajian menunjukkan kaidah pembelajaran tahfidz al- Qur’an berada pada tahap sederhana tinggi. Analisis dara inferensi mendapati perbedaan yang signifikan antara “jantina” dan “ lokasi madrasah tahfidz” dengan kaidah pembelajaran tahfidz pelajar. Dapatan kajian ini menunjukkan terdapat hubungan signifikan yang kukuh antara kaidah pembelajaran tahfidz dengan pencapaian hafalan pelajar-pelajar. Implikasi kajian telah merumuskan elemen- elemen kaidah pembelajaran tahfidz perlu diberi perhatian khusus oleh semua pihak dalam merangka kurikulum pengajaran dan pembelajaran tahfidz agar kecemerlangan kualiti hafalan pelajar tercapai. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara manajemen Madrasah Tahfidz Qur’an Kubang Bujuk, Kuala Terengganu. Subjek penelitian adalah Pengetua / Mudir, Penolong Kanan Bagian Uloom Diniah, Staf Keuangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasiDalam penulisan skripsi ini peneliti menggunakan pendekatan kualititatif bersifat deskriptif yaitu menggambarkan secara tepat sifat-sifat suatu individu, keadaan, fenomena, gejala dan kelompok terttentu sama permasalahan yang terjadi saling mempunyai kaitannya atau tidak, atau mempunyai terkaitan dengan hal yang lain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Manajemen Madrasah Tahfidz Qur’an Kubang Bujuk, Kuala Terengganu sudah terlaksana dengan baik. Dengan adanya proses manajemen yang dijalankan ini supaya hafidz dan hafidzah mengamalkan atau hafalan al-Quran dengan sebaik mungkin.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Siti Hajar bin Ahmad Pudzi
Date Deposited: 29 Jul 2024 08:35
Last Modified: 29 Jul 2024 08:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37619

Actions (login required)

View Item
View Item