Zahratul Muna, 200202002 (2024) Penerapan Metode Eklektik Menggunakan Media Video Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Berbicara. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Penerapan Metode Eklektik Menggunakan Media Video Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Berbicara]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Zahratul Muna, 200202002, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Metode pembelajaran merupakan salah satu factor penting dalam keberhasilan kegiatan belajar mengajar bahasa arab. Salah satu metode untuk keberhasilan belajar mengajar bahasa arab adalah metode eklektik (penggabungan antara metode mendengar lalu meniru, dan metode langsung). Dan berdasarkan pengamatan peneliti bahwa siswa kelas VII MTsN 1 banda aceh tidak mampu berbicara serta mengucapkan bahasa arab dengan baik dan fasih, hal itu disebabkan karena kurangnya latihan bahasa arab, serta kurangnya kombinasi guru terhadap metode dan media yang diterapkan dalam proses belajar mengajar, sehingga menyebabkan kurangnya motivasi dan minat siswa dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti ingin menerapkan metode eklektik menggunakan media video untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode eklektik dengan menggunakan media video dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan design (one group pre-test post-test). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 di Mtsn 1 Banda Aceh yang berjumlah 413 siswa, dan sampelnya adalah kelas VII-7 yang berjumlah 33 siswa. Untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan lembar observasi langsung dan pre-test post-test. Dan metode analisis data, peneliti menggunakan “SPSS 26”. Adapun hasil hasil pre-test dan post-test memperoleh tingkat signifikansi Asymp. Sig. (2-tailed) .001< 0.05 setelah menguji menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test menggunakan program “SPSS 26”. Ini menunjukkan bahwa Hipotesis Alternative (Ha) dapat diterima dan Hipotesis Nol (H0) ditolak. Ini membuktikan bahwa penerapan metode eklektik dengan menggunakan media video efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa arab.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System 400 Languages (Bahasa) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Zahratul Muna |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 02:29 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 02:29 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37686 |