Dini Harniati, 200202100 (2024) Penggunaan Uslub Write Around Menggunakan Gambar Pada Pengajaran Menulis Di Madrasah Tsanawiyah Swasta Lawe Sawah, Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Penggunaan Uslub Write Around Menggunakan Gambar Pada Pengajaran Menulis Di Madrasah Tsanawiyah Swasta Lawe Sawah, Aceh Selatan]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Dini Harniati, 200202100, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (13MB)
Abstract
Permasalahan pada proses belajar mengajar Bahasa Arab di kelas 2 MTsS Lawe Sawah, siswa kurang menguasai keterampilan menulis karena kurangnya pemanfaatan uslub/cara belajar khususnya dalam menulis Insya' dan kurangnya latihan menulis insya'. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti ingin membantu siswa mendapatkan manfaat dari metode pengajaran dan mencoba menggunakan metode Write Around sebagai metode pembelajaran yang membantu mereka meningkatkan keterampilan menulis insya'. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode Write Around dengan gambar untuk meningkatkan pengajaran menulis, dan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam menggunakan metode Write Around dengan gambar dalam pengajaran menulis. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode eksperimen. Untuk mengumpulkan data, peneliti melakukan observasi, pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTsS Lawe Sawah. Sampel yang dipilih peneliti adalah siswa kelas 2 yang berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian berdasarkan pengamatan langsung terhadap aktivitas guru sebesar 83,3% yang menunjukkan berada pada rentang 81-100%, artinya sangat baik. Dan pengamatan langsung terhadap siswa dengan nilai sebesar 87,5% yang berarti menunjukkan berada pada rentang 81-100%, artinya sangat baik. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah penggunaan metode Write Around dengan gambar efektif dalam pembelajaran menulis di MTsS Lawe Sawah. Buktinya, hasil Uji Paired Sample Test (Sig.2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari hasil taraf signifikan 0,05.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Dini Harniati |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 02:52 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 02:52 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37698 |