Penerapan Permainan Portable Engklek Arabic untuk meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Siswa (Penelitian Eksperimen di MIN 8 Aceh Barat Daya)

Putri Arifa, 170202013 (2021) Penerapan Permainan Portable Engklek Arabic untuk meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Siswa (Penelitian Eksperimen di MIN 8 Aceh Barat Daya). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Portable Engklek Arabic, Kosa Kata] Text (Portable Engklek Arabic, Kosa Kata)
Putri Arifa, 170202013, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal peneliti pada kelas IV (a) MIN 8 Aceh Barat Daya, kebanyakan dari para siswa kurang bersemangat dalam belajar bahasa Arab, sehingga menyebabkan mereka kesulitan dalam memahami materi dan kosa kata Bahasa Arab yang diajarkan. Dari masalah ini peneliti ingin menerapkan permainan Portable Engklek Arabic untuk meningkatkan penguasaan kosa kata siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi respon siswa ketika menerapkan permainan Portable Engklek Arabic untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa arab siswa, dan untuk melihat hasil penerapan permainan Portable Engklek Arabic, yang dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk menguasai kosakata bahasa Arab. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa MIN 8 Aceh Barat Daya yang jumlahnya 385 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV (a) yang berjumlah 25 siswa. Alat yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data adalah daftar observasi dan daftar tes yang berkaitan dengan pre dan post test menggunakan analisis data statistik deskriptif, dan Rank Test, dengan menggunakan SPSS 20. Hasil penelitian ini bahwa kegiatan guru dan respon siswa pada saat proses pembelajaran Penerapan Permainan Portable Engklek Arabic untuk meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Siswa memperoleh nilai sangat baik yang hasilnya mencapai 89,7% untuk lembar observasi guru dan 93% untuk lembar observasi siswa. Dan adapun hasil pretest dan postest adalah dengan tingkat signifikansi (Asymp. Sig. 2-tailed) 0,000 > 0,05 Ini membuktikan bahwa Penerapan Permainan Portable Engklek Arabic efektif dalam meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Putri Arifa Putri
Date Deposited: 01 Aug 2024 03:08
Last Modified: 01 Aug 2024 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37707

Actions (login required)

View Item
View Item