Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SMP

Miftahul Jannah, 190205008 (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SMP. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SMP] Text (Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SMP)
Miftahul Jannah, 190205008, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Kemampuan memahami konsep matematika sangat penting bagi siswa karena memudahkan mereka dalam mempelajari matematika. Namun pada kenyataannya, salah satu masalah pokok dalam pembelajaran matematika adalah masih rendahnya daya serap dan pemahaman siswa terhadap konsep matematika. Rendahnya pemahaman konsep matematis siswa dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu faktor penyebabnya adalah pembelajaran yang diterapkan guru kurang efektif. Sehingga diperlukan suatu model pembelajaran seperti model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Karena pembelajaran kooperatif tipe TPS merupakan model pembelajaran yang mengkombinasikan pembelajaran kooperatif dan pembelajaran individual. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi eksperimen dengan desain control group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Teunom. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sample random sampling yang sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII-A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 19 siswa dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 19 siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar tes yang berbentuk essay. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji t, diperoleh nilai t_hitung=1,80 dengan dk = 36, Pada taraf signifikan α=0,05 dan derajat kebebasan 36 dari tabel distribusi t diperoleh〖 t〗_((0,95)(36))=1,67, Karena t_hitung>t_tabel yaitu 1,80>1,67 dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep siswa yang diajarkan dengan model Think Pair Share (TPS) lebih baik dari pembelajaran konvensional pada siswa SMP.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Miftahul Jannah
Date Deposited: 02 Aug 2024 02:56
Last Modified: 02 Aug 2024 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37725

Actions (login required)

View Item
View Item