Nurul Hidayati, 190205083 (2024) Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Hasil Belajar Geometri Transformasi Siswa SMP/MTs. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Hasil Belajar Geometri Transformasi Siswa SMP/MTs]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nurul Hidayati, 190205083, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (10MB)
Abstract
Hasil belajar merupakan indikator keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Namun, hasil belajar matematika siswa di sekolah belum optimal dikarenakan masih berada dibawah nilai KKM dan rendahnya hasil tes kemampuan awal siswa dikarenakan masih munculnya kesalahan dalam menentukan titik koordinat, sehingga diperlukan suatu model dan media yang dapat membantu siswa agar terlibat aktif dalam menemukan suatu konsep yaitu model Discovery Learning. Selain itu, pemanfaatan media teknologi dalam pembelajaran juga menjadi suatu komponen yang dapat mempengaruhi kesuksesan kegiatan belajar mengajar seperti Software Geogebra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan model Discovery Learning berbantuan Geogebra pada siswa SMP, dan (2) perbandingan hasil belajar matematika siswa yang diterapkan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Geogebra dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian yang digunakan quasi experimental dengan pretest posttest control group design. Pengambilan sampel yang dilakukan dengan teknik random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 8 Banda Aceh, sedangkan sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas IX-1 sebagai kelas kontrol dan kelas IX-3 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) rata-rata posttest kelas eksperimen 60,93 dengan standar deviasi 15,58, sedangkan kelas kontrol diperoleh rata-rata posttest 47,90 dengan standar deviasi 18,28; (2) hasil belajar siswa yang diterapkan dengan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Geogebra lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional terlihat dari hasil uji hipotesis diperoleh t_(hitung )>t_tabel, atau 3,49 > 2,02.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nurul Hidayati |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 02:56 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 02:56 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37729 |