Ade Rahmawati, 200202135 (2024) Aplikasi Quizalize Untuk Meningkatakan Kemampuan Siswa Dalam Menyimak Di MAN 2 Aceh Barat. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Aplikasi Quizalize Untuk Meningkatakan Kemampuan Siswa Dalam Menyimak Di MAN 2 Aceh Barat]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Ade Rahmawati, 200202135, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (14MB)
Abstract
Setelah peneliti melakukan observasi dalam proses belajar mengajar mata pelajaran bahasa arab khususnya pada keterampilan menyimak,ditemukan ada dua masalah yang dihadapi oleh siswa MAN 2 Aceh Barat khususnya pada kelas 1 yaitu guru tidak menggunakan media pembelajaran dan siswa hanya mendengarkan suara guru untuk pembelajaran menyimak sehingga siswa susah membedakan panjang pendek dan persamaan bunyi huruf dan juga guru terlalu berpedoman pada buku paket, oleh karena itu peneliti ingin menggunakan aplikasi Quizalize untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyimak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas dan respon siswa terhadap penggunaan aplikasi Quizalize dalam pembelajaran menyimak.
Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas sepuluh MAN 2 Aceh Barat tahun ajaran 2023-2024 yang berjumlah 290 siswa. Sampel penelitian sebanyak 40 siswa, terdiri dari 20 siswa untuk kelompok eksperimen dan 20 untuk kelompok kontrol. Metode yang gunakan adalah metode eksperimen dengan jenis quasy eksperimen design nonequivalent control grup desain. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes menyimak dan angket. Adapun hasil dari pembagian pre-test dan post-test pada siswa, diperoleh nilai rata-rata untuk kelas eksperimen sebesar 18,2 dan kelas kontrol sebesar 10,6. Dari perhitungan penelitian menunjukkan bahwa nilai pada kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol, hal ini dibuktikan dengan uji Paired Sampel Test yang menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05) hal ini membuktikan bahwa nilai (Ha) diterima dan (Ho) ditolak. Dan begitu juga hasil dari pembagian angket yang menunjukkan hasil "istimewa" dapat dilihat dari hasil respon positif dari angket dengan persentase 84% hasil tersebut berada diantara 81-100 dengan tingkatan "istimewa".
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 400 Languages (Bahasa) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Ade Rahmawati |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 03:10 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 03:10 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37730 |