Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Adopsi dan Implementasi Teknologi Instruksional

Hasan Basri, 2002056303 (2024) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Adopsi dan Implementasi Teknologi Instruksional. Mudarrisuna, 4 (2): 4. pp. 228-248.

[thumbnail of Mudarrisuna] Text (Mudarrisuna)
ARTIKEL MUDARRISUNA ADOPSI TEKNOLOGI 2014.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (215kB)

Abstract

Akhir-akhir ini banyak lembaga pendidikan telah mengadopsi teknologi untuk memudahkan proses belajar mengajar baik di dalam maupun di luar kelas; bahkan teknologi telah digunakan secara luas dalam sistem belajar jarak jauh. Namun, masih banyak juga lembaga pendidikan yang belum „akrab‟ dengan teknologi instruksional itu. Ketidakakraban tersebut, pada satu sisi, dapat diduga sebagai akibat difusi teknologi yang tidak merata. Pada sisi lain, ada kemungkinan karena keterbatasan biaya dan sumber daya manusia dalam lembaga tersebut. Di samping itu, para pembuat keputusan (decision makers) tidak begitu antusias terhadap teknologi. Dalam pembelajaran agama Islam, pemanfaatan teknologi instruksional menjadi solusi penting untuk mencapai hasil pembelajaran yang maksimal; dan sekaligus sebagai antisipasi terhadap tantangan dan tuntutan zaman. Dengan begitu, pendidikan agama Islam menjadi pendidikan unggulan yang berbasis teknologi mutakhir.

Kata Kunci: Kualitas Pembelajaran, Adopsi Teknologi Instruksional

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hasan Basri AHMAD
Date Deposited: 06 Aug 2024 04:19
Last Modified: 06 Aug 2024 04:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37742

Actions (login required)

View Item
View Item