Hubungan Antara Kecanduan Game Online Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Di Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Azhari, 190404059 (2024) Hubungan Antara Kecanduan Game Online Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Di Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Hubungan Antara Kecanduan Game Online Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Di Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh] Text (Hubungan Antara Kecanduan Game Online Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Di Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Azhari, 190404059, FDK, PMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Perkembangan dunia game online saat ini sudah sangat pesat. Fenomena kecanduan game online diperkirakan sangat mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan kecanduan game online dengan prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelatif yang menggunakan teknik purpossive sampling. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Dakwah dan Komunukasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh dengan jumlah sampel 66 responden. Responden diminta mengisi kuesioner online untuk melihat keterlibatan dalam bermain game online dan prestasi akademik mereka. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji Korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pemain adalah laki-laki, alasan bermain adalah menghilangkan stress dan jenis game online yang dominan dimainkan adalah Mobile Legends Bang-Bang. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan hubungan antara kecanduan game online dengan prestasi akademik. Penelitian ini memberikan gambaran kepada institusi pendidikan pengembangan masyarakat islam, untuk dapat mensosialisasikan mengenai pengatahuan terkait kecanduan game online.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Azhari Azhari
Date Deposited: 05 Aug 2024 03:06
Last Modified: 05 Aug 2024 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37765

Actions (login required)

View Item
View Item