Pemanfaatan Media Sosial Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar PAI Di SMA Kabupaten Pidie Jaya

Mulyana, 201003117 (2024) Pemanfaatan Media Sosial Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar PAI Di SMA Kabupaten Pidie Jaya. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pemanfaatan Media Sosial Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar PAI Di SMA Kabupaten Pidie Jaya] Text (Pemanfaatan Media Sosial Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar PAI Di SMA Kabupaten Pidie Jaya)
layout tesis mulyana.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan diartikan sebagai usaha yang dijalankan oleh seseorang atau kelompok orang agar menjadi dewasa atau mencapai tingkat hidup atau penghidupan yang lebih tinggi dalam arti mental. Pendidikan Islam dalam pengertian umum adalah, “pendidikan yang berlandaskan al-Islam”, atau sering juga disebut sebagai pendidikan yang berdasarkan al- Qur’an dan Sunnah Nabi saw. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui Pemanfaatan Media Sosial siswa di SMAN 1 Jangka Buya dan SMAN 2 Bandar Dua di Kabupaten Pidie Jaya. 2) Untuk mengetahui prestasi belajar PAI siswa di SMAN 1 Jangka Buya dan SMAN 2 Bandar Dua di Kabupaten Pidie Jaya. 3) Untuk mengetahui seberapa tinggi pengaruh pemanfaatan media sosial terhadap Prestasi Belajar PAI di SMAN 1 Jangka Buya dan SMAN 2 Bandar Dua di Kabupaten Pidie Jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mix Methode yaitu gabungan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Populasi adalah keseluruhan objek penelitian dalam hal ini seluruh guru agama dan siswa di SMA Kabupaten Pidie Jaya. Dengan menggunakan purposif sampling yaitu memilih anggota populasi tertentu untuk dijadikan sampel. Riset ini memiliki kelemahan, dimana tidak mengcover semua SMA yang berada di Kabupaten Pidie Jaya. Oleh karenanya, diperlukan riset lanjutan untuk menyempurnakannya. Hasil penelitian diperoleh bahwa siswa di SMA Negeri 2 Bandar Dua dan SMA Negeri 1 Jangka Buya dominan menggunakan media sosial untuk berbisnis online sebanyak 43%, selain itu siswa juga dominan menggunakan media sosial sebagai media pembelajaran dibandingkan untuk non pembelajaran. Dan Prestasi belajar PAI bahwa kedua SMA tersebut baik SMAN 1 Jangka Buya maupun SMAN 2 Bandar Dua memperoleh prestasi belajar PAI dengan nilai rata-rata 78. Perbedaannya tidaklah terlalu signifikan. SMAN 1 Jangka Buya memperoleh nilai rata-rata 78,54 sedangkan SMAN 2 Bandar Dua memperoleh nilai rata-rata 78,73. Jadi perbedaanya selisih nilai antara dua sekolah baik SMAN 1 Jangka Buya dan SMAN 2 Bandar Dua hanya berkisar 0,14 saja. Serta analisis deskriptif yang telah dilakukan terhadap penggunaan media sosial Siswa SMA Negeri 2 Bandar Dua dan SMA Negeri 1 Jangka Buya. Diperoleh nilai statistik F sebesar 0,796 dengan p-value 0,379. P-value (0,379) lebih besar dari taraf signifikansi (0,05) maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh X (penggunaan media sosial) terhadap nilai PAI siswa (Y).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mulyana Mulyana
Date Deposited: 05 Aug 2024 03:47
Last Modified: 05 Aug 2024 03:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37772

Actions (login required)

View Item
View Item