Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture dan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Struktur dan Fungsi Tubuh Tumbuhan di Kelas VIII SMP Negeri 1 Baitussalam

Opi Yundani, 281324905 (2017) Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture dan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Struktur dan Fungsi Tubuh Tumbuhan di Kelas VIII SMP Negeri 1 Baitussalam. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang hasil dan aktivitas belajar siswa]
Preview
Text (Membahas tentang hasil dan aktivitas belajar siswa)
Kumpulan Skripsi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran di SMP N 1 Baitussalam masih berlangsung satu arah dengan kondisi guru mendominasi pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran belum bervariasi dan masih terbatas, selama ini guru masih menggunakan model konvensional, siswa lebih banyak mendengarkan penjelasan dari guru. Kondisi tersebut berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Picture and Picture dan media audio visual di kelas VIII SMP N 1 Baitussalam. Rancangan penelitian ini menggunakan true exsperimental design. Pengumpulan data dengan lembar observasi aktivitas belajar siswa dan soal tes. Analisis data aktivitas belajar siswa menggunakan presentase dan hasil belajar siswa menggunakan uji statistik t-test pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian diperoleh bahwa aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP N 1 Baitussalam yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Picture and Picture dan media audio visual pada materi struktur dan fungsi tubuh tumbuhan tergolong sangat aktif daripada aktivitas siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional. Hasil analisis data tentang hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 1 Baitussalam yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Picture and Picture dan media audio visual pada materi struktur dan fungsi tubuh tumbuhan lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional. Hasil thitung = 2,43 dan ttabel = 1,68, sehingga thitung ≥ ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa lebih tinggi dengan penerapan model pembelajaran Picture and Picture dan media audio visual pada siswa kelas VIII SMP N 1 Baitussalam pada materi stuktur dan fungsi tubuh tumbuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Samsul Kamal, M.Pd 2. Eriawati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Picture and Picture, Media Audio Visual, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Opi Yundani
Date Deposited: 16 Aug 2017 08:09
Last Modified: 16 Aug 2017 08:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/378

Actions (login required)

View Item
View Item