Syinta Bella Asmara, 200209040 (2024) Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Dengan Menggunakan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Motivasi Membaca Siswa Kelas II MIN 14 Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Dengan Menggunakan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Motivasi Membaca Siswa Kelas II MIN 14 Aceh Selatan]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Syinta Bella Asmara, 200209040, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB)
Abstract
Hasil observasi yang peneliti lakukan di MIN 14 Aceh Besar tepatnya di kelas II pada saat proses pembelajaran berlangsung diketahui bahwa masih banyak siswa yang kurang motivasinya untuk membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam peningkatan motivasi membaca siswa melalui penerapan model make a match dengan menggunakan media puzzle pada siswa kelas II MIN 14 Aceh Selatan. Jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas II MIN 14 Aceh Selatan yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, lembar aktivitas guru, aktivitas siswa, dan angket. Hasil penelitian ini terjadinya peningkatan motivasi membaca siswa di kelas II MIN 14 Aceh Selatan. Hasil penelitian menunjukan aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor persentase 77,17% kategori cukup dan pada siklus II terjadi peningkatan dan diperoleh skor sebesar 89,13% kategori baik sekali. Sedangkan aktivitas siswa siklus I memperoleh skor persentase 66,66% kategori cukup dan terjadi peningkatan siklus II dengan skor persentase sebesar 88,54% termasuk kategori baik sekali. Adapun motivasi membaca siswa siklus I skor persentase yaitu 62,16% kategori lemah dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan memperoleh skor persentase sebesar 91,89% kategori baik sekali. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model make a match dengan bantuan media puzzle dapat meningkatan kemampuan membaca siswa pada kelas II di MIN 14 Aceh Selatan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Syinta Bella Asmara |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 02:37 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 02:37 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37805 |