Yuri Usmawarni, 200209034 (2024) Penerapan Model Numbered Head Together (NHT) Dengan Menggunakan Media Papan Paku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar Siswa Kelas III MIN 14 Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Penerapan Model Numbered Head Together (NHT) Dengan Menggunakan Media Papan Paku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar Siswa Kelas III MIN 14 Aceh Selatan]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Yuri Usmawarni, 200209034, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media dan model dalam proses pembelajaran, sehingga menyebabkan suasana belajar kurang menyenangkan. Kurangnya perhatian siswa terhadap penjelasan yang disampaikan guru menyebabkan siswa kurang dalam memahami materi yang diajarkan. Hal ini yang mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Oleh karena itu sangat diperlukan penggunaan model dan media pembelajaran dalam menunjang keberhasilan siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model Numbered Head Together (NHT) dengan menggunakan media papan paku. Model Pembelajaran Numbered Head Together adalah pembelajaran yang dilakukan secara kelompok, masing-masing kelompok diberi nomor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, siswa dan hasil belajar siswa dalam penerapan Numbered Head Together (NHT) dengan menggunakan media papan paku. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian siswa kelas IIIb yang berjumlah 24 siswa, dengan KKM individual 75 dan klasikal 80. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan tes kemudian dianalisis dengan rumus rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: (1) Aktivitas guru pada siklus I dengan kategori baik yaitu 74,07. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 83,3 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I dalam ketegori baik yaitu 67,56. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 90 dengan kategori baik sekali. (3) Hasil tes pada siklus I diperoleh sebesar 70,83 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 17. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 91,66 dengan jumlah siswa yang tuntas 22 orang siswa. Hal ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa secara klasikal dalam kategori tuntas dengan nilai 80. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Numbered Head Together (NHT) dengan menggunakan media papan paku dalam pembelajaran matematika materi bangun datar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IIIb MIN 14 Aceh Selatan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Yuri Usmawarni |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 02:38 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 02:38 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37813 |