Nori Sinthani, 180205003 (2024) Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Dalam Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa SMP/MTs. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Dalam Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa SMP/MTs]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nori Sinthani, 180205003, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (16MB)
Abstract
Kemampuan numerasi merupakan salah satu kemampuan literasi yang penting dikuasi oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika sehingga kemampuan numerasi dalam pembelajaran matematika harus dikembangkan. Namun kenyataannya kemampuan numerasi masih tergolong rendah. Salah satu cara yang dapat mempengaruhi kemampuan numerasi peserta didik lebih baik dalam pembelajaran matematika adalah dengan menggunakan LKPD berbasis soal AKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa setelah diterapkan LKPD berbasis soal AKM serta mengetahui kemampuan numerasi yang diajarkan dengan menggunakan LKPD berbasis soal AKM dan numerasi yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Rancangan penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain Pre-test Post-test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Takengon. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Random sampling sehingga terpilih kelas VII 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 2 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar tes kemampuan numerasi yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t independent. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan numerasi siswa setelah diterapkan LKPD berbasis soal AKM mengalami peningkatan dan kemampuan numerasi peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan bahan ajar berupa LKPD berbasis soal AKM sama dengan kemampuan numerasi peserta didik yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Peningkatan ini dikarekan keaktifan siswa dalam menemukan langkah-langkah penyelesaian stimulus soal AKM sesuai indikator kemampuan numerasi serta LKPD yang digunakan hanya berisi permasalahan yang mengstimulus kemampuan numerasi sehingga siswa secara mendalam dapat memahami dan meningkatkan kemampuan numerasinya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nori Sinthani |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 01:57 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 01:57 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37851 |