Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas IV SD N 6 Kutapanjang Gayo Lues

Sinar Rahmah, 200209043 (2024) Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas IV SD N 6 Kutapanjang Gayo Lues. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Untuk  Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas  IV SD N 6 Kutapanjang Gayo Lues] Text (Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas IV SD N 6 Kutapanjang Gayo Lues)
Sinar Rahmah (200209043). SKRIPSI BENAR. PGMI. FTK. UIN AR-RANIRY. 2024.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang peneliti lakukan di kelas IV SD N 6 Kutapanjang Gayo Lues menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa masih rendah karena tidak mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah, serta kurangnya keaktifan dan minat siswa dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu, perlu adanya penerapan model Problem Posing untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas guru, aktivitas siswa, dan menganalisis peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model Problem Posing di kelas IV SD N 6 Kutapanjang Gayo Lues. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas IV-1 yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan rumus statistik deskriptif sesuai dengan kriteria keberhasilan yang telah ditentukan. Hasil penelitian aktivitas guru pada siklus I yaitu 79,54%, siklus II meningkat menjadi 89,77%, dan mencapai peningkatan lagi pada siklus III dengan persentase 96,59%. Hasil penelitian aktivitas siswa pada siklus I yaitu 69,32%, siklus II meningkat menjadi 78,41%, dan mencapai peningkatan lagi pada siklus III dengan persentase 93,18%. Adapun mengenai hasil belajar siswa pada siklus I mencapai persentase sebesar 52,63%, siklus II meningkat menjadi 68,42%, dan meningkat lagi pada siklus III dengan persentase sebesar 84,21%, dan sudah memenuhi ketuntasan klasikal. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Posing dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa di kelas IV SD N 6 Kutapanjang Gayo Lues.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sinar Rahmah
Date Deposited: 08 Aug 2024 03:33
Last Modified: 08 Aug 2024 03:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37862

Actions (login required)

View Item
View Item