Penggunaan Media Kartu Cerita untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Siswa Kelas V MIN 34 Aceh Besar

Aida Humaira, 160209030 (2024) Penggunaan Media Kartu Cerita untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Siswa Kelas V MIN 34 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Aida Humaira, 160209030 (2024).pdf] Text
Aida Humaira, 160209030 (2024).pdf

Download (5MB)

Abstract

Menulis permulaan merupakan dasar yang pertama kali diajarkan dan menjadi dasar pengajaran yang diajarkan oleh guru kepada pesera didik. Keterampilan menulis ditekankan pada kegiatan menulis dengan menjiplak, menyalin, dikte, melengkapai cerita, dan menyalin puisi. Berdasarkan pengamatan menulis selama observasi di kelas MIN 34 Aceh Besar, Peneliti menemukan masalah bahwa masih ada beberapa dari peserta didik kelas V MIN 34 Aceh Besar yang mengalami kesulitan dalam menulis karangan. Diketahui bahwa dalam pembelajaran guru sudah menerapkan metode pembelajaran. Namun hak tersebut masih kurang dalam meningkatkan kemampuan menulis peserta didik. Pada saat proses pembelajaran guru juga sudah menerapkan beberapa media pembelajaran tetapi belum pernah menerapkan media pembelajaran media kartu cerita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru, peserta didik dengan menggunakan media kartu cerita dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana serta untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis karangan sederhana dengan menggunakan media kartu cerita. Penelitian ini menggunakan penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dimana peneliti terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian yang mengkaji dan merefleksi suatu pembelajaran dengan memberikaan tindakan yang terencana untuk memecahkan suatu permasalahan yang di hadapi dalam kelas. Adapun cara menumpulkan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan lembar aktivitas guru, lembar aktivitas peserta didik, data tersebut akan di hitung menggunakan rumus. Hasil yang di peroleh pada penelitian ini yaitu memperlihatkan nilai yang diperoleh di siklus I yaitu 73, 80%, kemudian pada siklus II meningkat yaitu 83,33%, kemudian meningkat lagi pada siklus III yaitu 95, 23%. berdasarkan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aida Humaira
Date Deposited: 09 Aug 2024 02:22
Last Modified: 09 Aug 2024 02:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37867

Actions (login required)

View Item
View Item