Penerapan Metode Pattern Practice Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab ( Studi Eksperimen Di Dayah Daruzzahidin Aceh Besar)

Faqihuddin ilza, 190202127 (2024) Penerapan Metode Pattern Practice Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab ( Studi Eksperimen Di Dayah Daruzzahidin Aceh Besar). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Metode Pattern Practice Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab ( Studi Eksperimen Di Dayah Daruzzahidin Aceh Besar)] Text (Penerapan Metode Pattern Practice Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab ( Studi Eksperimen Di Dayah Daruzzahidin Aceh Besar))
Faqihuddin Ilza, 190202127, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal dan wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti di Dayah Moderen Daruzzahidin Aceh Besar, ditemukan bahwa banyak dari siswa kelas dua sanawiyyah merasa kesulitan dalam menyususn kalimat ketika berbicara bahasa arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Pattern Practice dalam meningkatkan kemampuan bicara siswa, dan mengetahui respon siswa dalam penerapan metode pattern practice dalam meningkatkan kemampuan bicara siswa. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian adalah pendekatan eksperimen dengan model (One Group Pretest Posttest Design). Peneliti melakukan pretes dan posttest dan dan menggunakan angket dalam mengumpulkan data. Hasil dari penelitian ini yaitu : (1) penerapan metode Pattern Practice berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan siswa bebicara bahasa Aarab, peneliti memperoleh hasil Paired Samples T Test dengan tingkat signifikansi (Sig. 2-tailed) 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Hipotesis Alternatif (Ha) dan Hipotesis Nol (H0) ditolak. (2) Respon terhadap penerapan metode Pattern Practice bahwa respon positif siswa lebih tinggi dari respon nrgatif dengan nilai 65%(positif) > 35% (negatif). Hal ini menujukan Sebagian besar siswa setuju dalam menggunakan metode ini dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Faqihuddin Ilza Faqih
Date Deposited: 19 Aug 2024 02:49
Last Modified: 19 Aug 2024 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37920

Actions (login required)

View Item
View Item