Pelayanan Administrasi Pemerintahan Gampong Neuheun Kecamatan Mesjid Raya Aceh Besar Pada Masa Pandemi Covid-19

Nadya Turahmi, 170802026 (2024) Pelayanan Administrasi Pemerintahan Gampong Neuheun Kecamatan Mesjid Raya Aceh Besar Pada Masa Pandemi Covid-19. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Layanan Terpadu, Administrasi, Penanganan Covid-19] Text (Layanan Terpadu, Administrasi, Penanganan Covid-19)
Nadya Turahmi, 170802026, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelayanan Administrasi Pemerintahan Gampong Neuheun Kecamatan Mesjid Raya Aceh Besar Pada Masa Pandemi Covid-19 Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode kualitatif. Teknik analisis data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan administrasi pemerintah Gampong Neuhen Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar pada masa pandemi Covid-19 yaitu Pemerintah gampong Neuhen dalam memberikan pelayanan dalam hal ini yaitu pembuatan surat administrasi keterangan yang dibutuhkan masyarakat sudah cukup baik. Hal ini ditandai dengan adanya sarana dan prasana yang menunjang kegiatan, Namun yang menjadi kekurangan dalam hal ini yaitu pelayanan di gampong Neuhen masih dilakukan secara manual. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa belum adanya perbedaan yang dilakukan pemerintah desa dan dirasakan oleh masyarakat terkait dengan pelayanan publik baik sebelum adanya pandemi maupun pada masa pandemi. Selanjutnya para aparat desa sebagai penyedia layanan sangat handal dan tanggap melayani kebutuhan masyarakat. Selain itu juga terdapat kemudahan dalam melakukan komunikasi antara pemerintah dan masyarakat sehingga kebutuhan masyarakat dapat dipahami oleh pemerintah desa tersebut. Faktor Penghambat Pelayanan Administrasi Pemerintah Gampong Neuhen Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar pada Masa Pandemi Covid-19 antaralain: faktor pendukung nya yaitu semangat yang diberikan pegawai satu sama lain, pegawai juga mengadakan rapat koordinasi atau semacam evaluasi setiap tiga bulan mengenai bagaimana pelayanan yang sudah dilakukan kepada masyarakat dan faktor yang mendorong terwujudnya pelaksanaan yang berkualitas di gampong Neuhen adalah penanaman kesadaran melayani masyarakat dengan ikhlas sesuai dengan hati nurani. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu sumber daya pegawai yang masih kurang dan dibuktikan dengan ketiadaan pegawai tetap di seksi pelayanan bagian pelayanan yang pastinya sudah menguasai yang berkaitan dengan proses pelayanan dan delain sumber daya pegawai faktor penghambat lain adalah sarana dan prasarana seperti ketidakadaan filing cabinet sebagai tempat untuk penyimpanan arsip yang menyebabkan penyimpanan dokumen tidak tertata dengan sebagai mana mestinya yang pada akhirnya menyebabkan pegawai mengalami kesulitan dalam menemukan arsip yang dibutuhkan serta mengganggu kerapian ruang pelayanan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Nadya Turahmi Nadya
Date Deposited: 19 Aug 2024 03:23
Last Modified: 19 Aug 2024 03:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37960

Actions (login required)

View Item
View Item