Asmaul Husna, 180205104 (2024) Pengaruh Model Pembelajran Accelerated Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP/MTS. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajran Accelerated Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP/MTS]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Asmaul Husna, 180205104, FTK, PMT, 082174617441.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (10MB)
Abstract
Kemampuan representasi matematis merupakan salah satu kemampuan dasar matematika yang harus dimiliki siswa. Kemampuan representasi matematis adalah kemampuan siswa untuk menyatakan ide dan gagasan matematika ke dalam berbagai cara seperti gambar, tabel, grafik, angka, huruf, simbol dan representasi lainnya dalam upaya memecahkan masalah matematika. Kendati demikian, siswa masih banyak mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan kemampuan representasi matematis. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk dapat menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa melalui model pembelajaran Accelerated Learning. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII MTsS Oemar Diyan Tahun Ajaran 2022/2023 dan sampelnya adalah kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-D sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah control group pretest-posttest design. Pengumpulan data dengan menggunakan tes yaitu pretest dan posttest. Data akan dianalisis dengan menggunakan uji N-Gain dan uji-t. Hasil penelitian dengan rata-rata nilai gain menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan dengan kriteria sedang dengan presentase 56,52%. Berdasarkan uji independent sample t-test diperoleh nilai t_hitung> t_tabel yaitu yaitu 7,67 > 1,68. Seluruh tahapan MASTER pada model pembelajaran Accelerated Learning berjalan dengan baik, sehingga dapat membuat siswa belajar secara begitu aktif dan dapat berusaha secara maksimal dalam meningkatkan kemampuan yang dimiliki. Melalui hasil uji hipotesis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa kemampuan representasi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Accelerated Learning dapat meningkat dengan kriteria sedang dan kemampuan representasi matematis siswa SMP/MTs yang diajarkan dengan model pembejaran Accelerated Learning lebih baik dari kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional di MTsS Tgk Chiek Oemar Diyan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Asmaul Husan Husna |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 03:45 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 03:45 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37968 |