Nadiatul Jannah, 200209076 (2024) Penerapan Model Picture and Picture dengan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV di SN 09 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Penerapan Model Picture and Picture dengan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV di SN 09 Banda Aceh.]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Nadiatul Jannah _ 200209076 ( PGMI_FTK_UIN Ar-Raniry ) (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Abstract
Hasil belajar siswa kelas IV SDN 9 Banda Aceh terlihat hasil belajar yang diperoleh oleh siswa masih rendah, disebabkan kurangnya Percayaan dalam diri serta kurangnya penerapan model pembelajaran yang dapat menunjang minat siswa dalam belajar salah satunya pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Bertujuan 1) untuk mengenalisis aktivitas guru, 2) untuk mengenalisis aktivitas siswa, 3) untuk menganalisis hasil belajar. 4) untuk mengenalisis minat belajar siswa selama mengikuti pembelajaran melalui penerapan model picture and picture dengan media puzzle. Teknik pengumpulan data 1) Instrumen lembar observasi aktivitas guru, 2) Instrumen lembar observasi lembar aktivitas siswa, 3) soal tes dan 4) Instrumen lembar observasi angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan rumus persentase. 1) Berdasarkan hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus I memperoleh persentase 73,21% (baik), 2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase 62,5% (baik) 3) hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I hanya 14 siswa yang tuntas dengan nilai 56% dan yang tidak tuntas 11 siswa dengan nilai 44%. 4) pada siklus I minat siswa dalam belajar mencapai 51,04%, dan 1) Aktivitas guru pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 85,71% (baik sekali), 2) aktivitas siswa pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 82,14% (baik sekali) 3) Hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 19 siswa mencapai ketuntasan dengan nilai 76% dan 6 siswa tidak tuntas dengan nilai 24%. 4) Siklus II minat belajar siswa meningkat menjadi 52,16%. 1) Aktivitas guru pada siklus III mengalami peningkatan menjadi 87,5%. 2) Aktivitas siswa pada siklus III menjadi 89,28% 3) hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus III mengalami peningkatan yaitu 22 orang yang tuntas dengan presentase 88%, maka yang tidak tuntas 3 orang dengan presentase 12%. 4) Dan pada lembar angket minat belajar siklus III terus meningkat menjadi 53,12. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Picture and Picture dengan media Puzzle dapat meningkatkan hasil dan minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nadiatul Jannah Nadia |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 03:52 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 03:52 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37987 |