Zuyadi, 140211032 (2018) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar Dalam Materi Hukum Ohm dengan Menggunakan Metode Demonstrasi di Kelas X Smk Muhammadiyah 1 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Skripsi PDF komplit.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran produktif sangat berpengaruh terhadap tingkat keberhasilan belajar siswa di SMK. Hasil observasi menunjukkan bahwa banyak hasil belajar siswa SMK berada di bawah rata-rata. Ini disebabkan oleh guru yang kurang menerapkan metode demontrasi dalam pelajaran, sehingga bepengaruh dengan kemampuan hasil belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Banda Aceh dengan diterapkan metode demonstrasi pada mata pelajaran Elektronika Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode pre-experiment design: one-group pretes posttes design. Data dikumpulkan melalui pretes, postes dan angket. Kemudian data tersebut diolah dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian dikemukakan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Banda Aceh antara sesudah dan sebelum diterapkan metode demonstrasi. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa yang dicapai pada pretes < postes (74,5 < 80,5). Setelah diolah menggunakan rumus uji-t diperoleh thitung = 1,96. Sedangkan ttabel diperoleh dengan menggunakan dk=n-1, dk=10-1=9 pada taraf signifikan 5%, yaitu 0,251. Sesuai dengan hipotesa awal penelitian ini bahwa, jika thitung > ttabel (1,96 > 0,521), maka Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Banda Aceh.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Dr. Silahuddin, M.Ag. 2. Hari Anna Lastya, S.T., M.T. |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Demonstrasi |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Zuyadi Zuyadi |
Date Deposited: | 21 Jun 2018 10:04 |
Last Modified: | 21 Jun 2018 10:05 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3800 |