Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Scrap Book Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas II MIN 20 Aceh Besar

Usratul Saidah, 170209099 (2024) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Scrap Book Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas II MIN 20 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Scrap book Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas II MIN 20 Aceh Besar] Text (Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Scrap book Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas II MIN 20 Aceh Besar)
Skripsi Approve Usra.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal peneliti lakukan di kelas II MIN 20 Aceh Besar, terdapat beberapa permasalahan pada proses pembelajaran bahasa Indonesia yaitu siswa kurang aktif, kurang bersemangat, kurang memahami pelajaran, dan rendahnya hasil belajar, hal tersebut disebabkan karena pembelajaran masih berpusat pada guru dan model yang diterapkan kurang sesuai dengan pembelajaran bersifat kurang efektif, dengan demikian alternative solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan model cooperative learning tipe STAD melalui media scrapbook. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru, aktivitas siswa, minat belajar dan hasil belajar siswa kelas II MIN 20 Aceh Besar dalam mengikuti pembelajaran bahasa Indonesia dengan menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD berbantuan media scrapbook. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melakukan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, angket dan lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru siklus I 70%, meningkat siklus II 81%, semakin meningkat siklus III 94%. Aktivitas siswa siklus I 62,5% meningkat pada siklus II 73,21%, siklus III 87,5%. Minat belajar pada siklus I 52,23% meningkat siklus II 66,23%, siklus III 80,13%, dan hasil belajar siswa siklus I 28% tuntas meningkat siklus II 63% siswa tuntas semakin meningkat siklus III 87% siswa tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe STAD melalui media scrapbook dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, minat belajar dan hasil belajar siswa kelas II MIN 20 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Usratul Saidah Usra
Date Deposited: 21 Aug 2024 03:27
Last Modified: 21 Aug 2024 03:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38101

Actions (login required)

View Item
View Item