Penerapan Model Inquiry dan Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Tema Selalu Berhemat Energi di Kelas IV-1 MIN 11 Banda Aceh

Rusda, 201325177 (2017) Penerapan Model Inquiry dan Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Tema Selalu Berhemat Energi di Kelas IV-1 MIN 11 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang  Penerapan Model Inquiry dan Discovery Learning]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Model Inquiry dan Discovery Learning)
Rusda.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran sains di kelas IV-1 MIN 11 Banda Aceh belum dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu kriteria ketuntasan maksimal (KKM) yang ditetapkan oleh madrasah belum tercapai. Hal ini disebabkan model pembelajaran yang selama ini diterapkan tidak dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Untuk mencapai hal tersebut peneliti menggunakan model inquiry dan discovery learning dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran sains dengan menerapkan model inquiry dan discovery learning. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran sains melalui penerapan model pembelajaran inquiry dan discovery learning. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-1 MIN 11 Banda Aceh yang berjumlah 38 siswa. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi terhadap aktivitas guru dan siswa dan test untuk melihat hasil belajar siswa. Melalui hasil belajar dapat diketahui kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembalajaran sains. Data ini dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas guru pada siklus I dengan nilai 73,33% (baik) dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 91,66% (sangat baik). Aktivitas siswa pada siklus I dengan nilai 75% (baik) dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 88,33% (sangat baik). Kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I dengan niali 71,05% (cukup) dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 84,21% (sangat kritis). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model inquiry dan discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV-1 MIN 11 Banda Aceh pada pembelajaran sains.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Prof. Dr.Nasir Budiman, M.A 2.Drs. Ridwan, M. Daud, M.Ed
Uncontrolled Keywords: Model inquiry dan Discovery Learning, Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rusda Darmokmin
Date Deposited: 08 May 2018 09:02
Last Modified: 08 May 2018 09:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3812

Actions (login required)

View Item
View Item