Hubungan Antara Self-Compassion Dengan Alienasi Pada Siswa Madrasah Aliyah Swasta Darul Ulum Banda Aceh

Cut Ghumaisha Milhan, 200901054 (2024) Hubungan Antara Self-Compassion Dengan Alienasi Pada Siswa Madrasah Aliyah Swasta Darul Ulum Banda Aceh. Other thesis, UIN AR-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Self Compassion dan Alienasi] Text (Self Compassion dan Alienasi)
SKRIPSI.pdf

Download (25MB)

Abstract

HUBUNGAN ANTARA SELF-COMPASSION DENGAN ALIENASI PADA SISWA MADRASAH ALIYAH SWASTA DARUL ULUM BANDA ACEH

ABSTRAK

Keinginan untuk menarik diri dari lingkungan sekitar atau diasingkan oleh lingkungan sekitar merupakan fenomena alienasi. Salah satu bentuk alienasi adalah merasa asing dengan kakak angkatan maupun adik angkatan di sekolah. Self compassion merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi alienasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara self-compassion dengan alienasi pada remaja kelas X dan XI MAS Darul Ulum Banda Aceh. Populasi berjumlah 267 siswa dengan sampel sebanyak 205 siswa. Teknik sampling pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan proportionate sratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan Skala Alienasi dan Skala Self-Compassion. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Sperman. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar r = 0,023 dengan nilai signifikansi (p) sebesar 0,00 sehingga hipotesis yang dilakukan di penelitian ini diterima sehingga. Hubungan kedua variabel menunjukkan hubungan kearah negatif yakni semakin tinggi self compassion pada siswa maka semakin rendah alienasi namun semakin rendah self compassion makan semakin tinggi alienasi

Kata Kunci: Alienasi, Self compassion, siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 155 Psikologi direferen dan Pengembangan > 155.4 Psikologi Anak
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Cut Ghumaisha Milhan
Date Deposited: 22 Aug 2024 04:04
Last Modified: 22 Aug 2024 04:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38191

Actions (login required)

View Item
View Item