Siti Sara, 200209148 (2024) Implementasi Model Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 32 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Implementasi Model Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 32 Banda Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Siti Sara, 200209148, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (14MB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti di SD Negeri 32 Banda Aceh, ditemukan permasalahan terkait hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran matematika materi pecahan, yaitu dengan nilai ulangan harian yang rata-rata siswa banyak yang tidak tuntas. Penerapan model make a match dalam pembelajaran matematika merupakan salah satu solusi dalam mengatasi masalah rendahnya hasil belajar siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model make a match di kelas IV SD Negeri 32 Banda Aceh. (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model make a match di kelas IV SD Negeri 32 Banda Aceh. (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan penerapan model make a match di kelas IV SD Negeri 32 Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas IV A berjumlah 24 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. KKTP yang telah ditetapkan adalah 70 dengan ketuntasan klasikal 80%. Hasil penelitiannya adalah aktivitas guru pada siklus I memperoleh persentase 64,28% (cukup), siklus II meningkat dengan persentase 77,85% (baik) dan pada siklus III terjadi peningkatan lagi dengan persentase 92,14% (baik sekali). Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase 54,28% (kurang), siklus II meningkat dengan persentase 71,42% (baik) dan pada siklus III terjadi peningkatan lagi dengan persentase 87,14% (baik sekali). Hasil belajar siswa mengalami peningkatan persiklusnya, pada siklus I persentase yang diperoleh adalah 45,83%, meningkat pada siklus II dengan persentase 62,5% dan meningkat lagi pada siklus III dengan persentase 83,3%. Hasil post tes menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa tergolong pada kriteria baik sekali dengan persentase 87,5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika materi pecahan kelas IV SD Negeri 32 Banda Aceh.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Sara |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 02:43 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 02:43 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38221 |