Nurul Fajarna, 200205018 (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.
![[thumbnail of Model Pembelajaran Kooperatif Student Facilitator and Explaining, Kemampuan Pemahaman Konsep]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nurul Fajarna, 200205018, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (10MB)
Abstract
Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting dalam pembelajaran matematika , karna dengan memahami konsep siswa akan mampu mengembangkan kemampuan lainnya seperti menyelesaikan permasalahan permasalahan dalam matematika. Adapun tujuan dari penelitian ini Untuk Mengetahui Apakah penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika para siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model eksperimen yang bertujuan untuk melihat akibat dari suatu perlakuan. Desain penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Pada desain ini terdapat dua kelompok yang dipilih secara acak yaitu kelompok eksperimen (E) dan kelompok kontrol (K). Dilanjutkan dengan pengujian hipotesis menggunakan bantuan software SPSS 25 untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator explaining terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik peserta didik. Oleh karna itu model pembelajaran tersebut dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nurul Fajarna Fajarna |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 03:13 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 03:13 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38238 |