Virda Putri Septiarini, 200209070 (2024) Pengaruh Media Interaktif Animasi terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika kelas IV SD Negeri Rumpet Aceh Besar. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.
![[thumbnail of Media Interaktif Animasi, Minat Belajar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Virda Putri Septiarini, 200209070, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (9MB)
Abstract
Peserta didik masih banyak yang kurang aktif dalam proses pembelajaran dikarenakan kurangnya semangat dan juga minat. oleh karena itu guru harus kreatif dalam memilih media pembelajaran dengan menyesuaikan karakteristik peserta didik serta mengkombinasikan media sehingga dapat menunjang minat belajar peserta ddik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media interaktif animasi terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika Kelas IV SD Negeri Rumpet Aceh Besar dan untuk mengetahui bagaimana ketuntasan hasil belajar matematika peserta didik setelah penggunaan media interaktif animasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu jenis Pre-experimental design dengan desain penelitian One-Group-Pretest- Posttest design. dalam penelitian ini, pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yang merupakan semua populasi yang ada di kelas IV SD Negeri Rumpet Aceh Besar sebanyak 24 peserta didik, terdiri dari 11 peserta didik laki- laki dan 13 peserta didik perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pernyataan Angket untuk mengetahui pengaruh minat belajar peserta didik setelah menggunakan media interaktif animasi dan lembar soal tes evaluasi yang diberikan pada akhir pembelajaran. Untuk menguji hipotesis menggunakan Paired Sample t-Test dengan taraf signifikan 0,05 (2-tailed) sebesar 0,00. Hasil yang diperoleh 0,00 < 0,05 (lebih kecil dari 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan media interaktif animasi terhadap minat belajar peserta didik di SD Negeri Rumpet Aceh Besar. Adapun untuk ketuntasan hasil belajar secara klasikal sudah mencapai 100% tuntas dan mencapai KKTP sebesar 75. Hal ini berarti media interaktif animasi berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik dan hasil belajar tuntas
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Virda Putri Septiarini Virda |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 02:44 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 02:44 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38280 |