Analisis Nilai-Nilai Pembelajaran PPKn untuk Pengembangan Karakter Siswa Kelas IV MIN 10 Kota Banda Aceh

Rizka Unzila, 190209033 (2024) Analisis Nilai-Nilai Pembelajaran PPKn untuk Pengembangan Karakter Siswa Kelas IV MIN 10 Kota Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Analisis Nilai-Nilai Pembelajaran PPKn untuk Pengembangan Karakter Siswa Kelas IV MIN 10 Kota Banda Aceh] Text (Analisis Nilai-Nilai Pembelajaran PPKn untuk Pengembangan Karakter Siswa Kelas IV MIN 10 Kota Banda Aceh)
Rizka Unzila, 190209033, FTK, PGMI, 08223941336.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Pengembangan nilal-nilai karakter dalam proses belajar mengajar dianggap sangatlah penting, terutama pada pembelajaran PPKn dimana dalam pembelajaran PPKn terdapat banyak nilai-nilai karakter yang dikembangkan. Pada skripsi ini terdapat tujuan untuk mengetahui penerapan nilai-nilai PPKn untuk mengembangkan karakter siswa IV MIN 10 Kota Banda Aceh dan faktor yang mempengaruhi nilai-nilai pembelajaran PPKn untuk pengembangan karakter siswa kelas IV MIN 10 Kota Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian wali kelas IV-B, guru PPKn dan siswa kelas IV MIN 10 Kota Banda Aceh. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang ditemukan adalah dalam pengembangan nilai-nilai karakter yang dikembangkan oleh guru yaitu guru sebelum dan sesudah proses belajar mengajar guru memimpin siswa untuk membaca doa, terdapat kegiatan menggalang dana ketika ada musibah, membaca surah Al-Kahfi pada setiap hari jumat dan juga kegiatan shalat dhuha, memanfaatkan limbah sampah dan memberikan hukuman kepada siswa yang melanggar peraturan sekolah, kegitan tersebut adalah adalah kegiatan yang mendukung untuk pengembangan karakter siswa. Adapun faktor yang mempengaruhi penerapan nilai-nilai pembelajaran PPKn untuk pengembangan karakter yaitu orang tua siswa, guru-guru disekolah dan lingkungan sekitar baik itu dirumah maupun disekolah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rizka Unzila Rizka
Date Deposited: 26 Aug 2024 03:08
Last Modified: 26 Aug 2024 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38282

Actions (login required)

View Item
View Item