Tathwir Alwasaaith Almutaaddidah Attafaauliyyah Biistikhdam Barnamaj Macromedia Flash 8 Litarqiyyati Qudrati Thalabah 'Alaa Maharah Al-Istima' Bi MTsn Meureubo

Azka Amira Juvi, 201003060 (2024) Tathwir Alwasaaith Almutaaddidah Attafaauliyyah Biistikhdam Barnamaj Macromedia Flash 8 Litarqiyyati Qudrati Thalabah 'Alaa Maharah Al-Istima' Bi MTsn Meureubo. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Multimedia Interaktif] Text (Pengembangan Multimedia Interaktif)
Tesis Azka Amira Juvi-201003060 upload.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti pada MTsN Meureubo, kebanyakan siswa di sekolah tersebut belum menguasai kemampuan mendengar Bahasa Arab dengan baik. dan merasa kesulitan dalam memahami suara Bahasa Arab. Adapun guru Bahasa Arab di sekolah tersebut masih merasa kesulitan untuk menemukan media mendengar Bahasa Arab yang tepat dan menarik bagi siswanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengembangkan multimedia interaktif pembelajaran Bahasa Arab menggunakan aplikasi Macromedia Flash 8, serta mengetahui keefektifan penggunaan multimedia interaktif berbasis Macromedia Flash 8 dalam meningkatkan kemampuan mendengar siswa di MTsN Meureubo. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) model ADDIE dengan memuat lima langkah pengembangan: (1) Pada tahap analisis, peneliti melakukan observasi dan wawancara dengan guru Bahasa Arab di MTsN Meureubo untuk menganalisa permasalahan dan kebutuhan siswa; (2) Pada tahap desain produk, peneliti memilih materi pembelajaran, aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan produk, kemudian mengumpulkan bahan dan membuat story board; (3) Pada tahap pengembangan produk, peneliti melakukan pengembangan produk berupa multimedia interaktif dengan menggunakan aplikasi Macromedia Flash 8, kemudian melakukan validasi media oleh ahli dan memperoleh nilai 97,7% pada aspek materi dan nilai 97,3% pada aspek desain media; (4) Pada tahap uji coba, peneliti melaksanakan pembelajaran istima’ menggunakan multimedia interaktif pada kelas 8-D di MTsN Meureubo; (5) Kemudian pada tahap evaluasi produk, peneliti mengevaluasi nilai yang diperoleh dari hasil pre-test dan post-test. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan instrumen berupa observasi, wawancara, angket, dan tes. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan rumus uji Mann-Whitney melalui aplikasi SPSS Statistics 22. Peneliti memperoleh hasil uji Mann-Whitney yang menunjukkan nilai 0,000 lebih kecil dari nilai 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Artinya, penggunaan multimedia interaktif berbasis aplikasi Macromedia Flash 8 efektif untuk meningkatkan kemampuan mendengar Bahasa Arab siswa di MTsN Meureubo.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.6 Bahasa (Ketrampilan Komunikasi)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Azka Amira Juvi Azka
Date Deposited: 26 Aug 2024 03:24
Last Modified: 26 Aug 2024 03:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38303

Actions (login required)

View Item
View Item