Pengaruh Penerapan Metode Quantum Kauny terhadap Peningkatan Kemampuan Tahfidz Qur’an Siswa di SD IT Cendekia Darussalam

Dicki Afriandi, 201003029 (2024) Pengaruh Penerapan Metode Quantum Kauny terhadap Peningkatan Kemampuan Tahfidz Qur’an Siswa di SD IT Cendekia Darussalam. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Penerapan Metode Quantum Kauny terhadap Peningkatan Kemampuan Tahfidz Qur’an Siswa di SD IT Cendekia Darussalam] Text (Pengaruh Penerapan Metode Quantum Kauny terhadap Peningkatan Kemampuan Tahfidz Qur’an Siswa di SD IT Cendekia Darussalam)
4. TESIS S2 PAI Full WORD (DICKI AFRIANDI) 201003029.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang menjadi hambatan dalam menjalankan program tahfidz Qur’an di SD IT Cendekia Darussalam sehingga menyebabkan terganggunya peningkatan kualitas serta kemampuan tahfidz Qur’an siswa di sekolah adalah kurangnya semangat dan motivasi dari peserta didik dalam menghafal al-Qur’an, setoran hafalan yang kurang lancar, siswa tidak memahami arti dari hafalannya dan juga pengunaan media belajar dan metode yang kurang sesuai sehingga menimbulkan permasalahan terhadap kualitas hafalan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (a) untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan menghafal Qur’an siswa sebelum dan sesudah penerapan metode Quantum Kauny di SD IT Cendekia Darussalam. (b) untuk mengetahui pengaruh penerapan metode quantum kauny terhadap peningkatan kemampuan tahfidz qur’an siswa di SD IT Cendekia Darussalam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen dengan design Quasi Eksperimental pretest posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini sampel dalam penelitian adalah siswa kelas VI AL-Munadi dan kelas VI Al-Munawwir. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari tes, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil tes dengan menggunakan metode Quantum Kauny ketika pretest maupun posttest dengan metode konvensional. Hal ini dibuktikan dengan adanya uji “t” dan Hasil uji hipotesis pada kelas VI Al-Munawwir diperoleh diperoleh VI Al-Munawwir diperoleh thitung> ttabel yaitu 13,066 > 2.07387 dan nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05. Kemudian hasil pengujian pada kelas VI Al-Munadi diperoleh hasil thitung> ttabel yaitu 2,369> 2.045 dan nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05,.Selanjutnya hasil analisis N-gain pada kelas Eksperimen 0,33 kategori sedang dan kelas control 0,-12 kategori rendah. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Quantum Kauny berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan tahfidz qur’an siswa di SD IT Cendekia Darussalam karena Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dicki Afriandi Dicki
Date Deposited: 26 Aug 2024 03:49
Last Modified: 26 Aug 2024 03:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38306

Actions (login required)

View Item
View Item