Strategi Pengembangan Kemampuan Public speaking dan Dampaknya Terhadap Self confidence Peserta Didik (Studi Komparatif MAN 1 Banda Aceh dan MAN 4 Aceh Besar)

Rifki, 201003031 (2024) Strategi Pengembangan Kemampuan Public speaking dan Dampaknya Terhadap Self confidence Peserta Didik (Studi Komparatif MAN 1 Banda Aceh dan MAN 4 Aceh Besar). Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Public Speaking dan Self Confidence Peseta Didik] Text (Membahas Tentang Public Speaking dan Self Confidence Peseta Didik)
tesis_rifki.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan berbicara di depan umum atau public speaking adalah keterampilan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi peserta didik di jenjang pendidikan menengah. Keterampilan ini tidak hanya berperan dalam pengembangan akademik, tetapi juga berdampak signifikan terhadap peningkatan kepercayaan diri (self-confidence) peserta didik. Public speaking memungkinkan peserta didik untuk mengkomunikasikan ide, pemikiran, dan argumen mereka dengan cara yang efektif, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam berinteraksi dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk menyingkapkan strategi pengembangan kemampuan public speaking dan mendeskripsikan dampak kemampuan public speaking terhadap Self confidence peserta didik di MAN 1 Banda Aceh dan MAN 4 Aceh Besar. Dalam penelitian ini metodologi yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan pendekatan komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi pengembangan kemampuan public speaking peserta didik di MAN 1 Banda Aceh dan MAN 4 Aceh Besar melewati beberapa tahapan diantaranya: perencanaan, metode, pelaksanaan dan evaluasi (2) Dampak kemampuan public speaking peserta didik di MAN 1 Banda Aceh dan MAN 4 Aceh Besar telah memberikan hasil yang signifikan bagi peserta didik. Aspek-aspek yang meliputi antara lain: yakin pada kemampuan sendiri, mampu mengambil keputusan sendiri, mempunyai rasa positif pada diri dan berani menyatakan pendapat kepada orang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rifki Rifki
Date Deposited: 30 Aug 2024 07:16
Last Modified: 30 Aug 2024 07:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38315

Actions (login required)

View Item
View Item